Thursday, April 9, 2020

AFC U-16: Si Kembar Bagus-Bagas Bawa Timnas Indonesia Tekuk Iran 2-0

Must Read

Kini, Sang Ibu Menyusul Diana

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kesedihan Mawardi belum hilang setelah putri semata wayangnya, Diana (6) ditemukan meninggal dengan kondisi...

Mahasiswa Aceh yang Dirawat Intensif di Kairo Meninggal Dunia

MESIR | ACEHKITA.COM - Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Muhammad Ikram Zamzami, mahasiswa asal Ajun, Banda Aceh, yang sempat menjalani...

Khatib Salat Jumat Dipukuli di Atas Mimbar

PIDIE | ACEHKITA.COM -- Khatib salat Jumat di Masjid Raya Keumala babak belur dihajar sejumlah jemaah, Jumat (9/9). Ia...

45 Pendukung Pemerintah Aceh Keracunan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 45 orang dari massa pro Pemerintah Aceh yang datang untuk berdemo di...

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Gol saudara kembar, Amiruddin Bagus Kaffa Alfikri dan Amiruddin Bagas Kaffa Arrizki, membawa Timnas U-16 Indonesia menaklukkan Iran dengan skor 2-0 pada laga Grup C Piala AFC U-16 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Jumat (21/9).

Kedua gol itu masing-masing dilesakkan Amiruddin Bagus di menit keempat, sementara gol Amiruddin Bagas tercipta di menit ke-90+1.

Dalam pertandingan itu, Indonesia tampil menekan sejak awal laga. Mengandalkan umpan-umpan pendek dan pergerakan yang cepat, tim berjuluk Garuda Asia tersebut beberapa kali merepotkan pertahanan Iran.

Hasilnya, Indonesia langsung unggul di menit keempat berkat gol Amiruddin Bagus dari dalam kotak penalti. Dia berhasil memanfaatkan umpan tarik Mochammad Supriadi dari sayap kiri.

Setelah itu, skuat Garuda Asia beberapa kali mendapatkan peluang seperti dari tendangan Brilian Negietha di menit ke-13 dan Amiruddin Bagus di menit ke-25, tetapi belum menemui sasaran.

Pada menit ke-27 dan 44, kiper Indonesia Ernando Ari sempat harus berjibaku menepis bola dari tendangan pemain Iran. Namun, hingga laga memasuki masa jeda tak ada gol lain tercipta.

Di babak kedua, Indonesia juga mengurung Iran sejak mula. Keputusan itu berbuah peluang emas di menit ke-52 kala Bagus berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Iran Amirhossein tetapi bola berhasil ditepis.

Jual beli serangan terjadi setelahnya. Namun beberapa peluang Iran lenyap diamankan lini pertahanan Indonesia yang dikawal Komang Teguh, Mochamad Yudha, Amirddin Bagas dan Fadilah Nur Rahman.

Pada menit ke-82, Garuda Asia sekali lagi memperoleh peluang matang mencetak gol, sayang bola tendangan Amiruddin Bagus ke gawang yang sudah kosong melebar.

Gol kedua Indonesia pun kemudian tercipta di menit ke-90+1. Amiruddin Bagas menunjukkan teknik gemilang dengan melewati beberapa pemain lawan dan tiba sendirian di depan gawang Iran. Dia lalu berhasil mengecoh kiper lawan dan mencetak gol.

Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan berakhir. Indonesia unggul 2-0 atas Iran dan berhasil mengamankan tiga poin pada laga perdana di Grup C Piala AFC U-16 2018.

Sekilas tentang Bagas-Bagus
Dikutip dari Tempo.co, Si Kembar Bagas-Bagus lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 16 Januari 2002 lalu. Bagus merupakan adik dari Bagas. Ayahnya adalah Yuni Puji Istiono dan ibunya Dewi Kartikasari.

Keduanya selalu menimba ilmu sepak bola bersama. Mereka pernah belajar di SSB Putra Harapan (Magelang), SSB Gelora Putra Deltras (Sidoarjo), SSB Blue Eagle (Jakarta), SSB Undip, dan SSB Putra Kalimantan Tengah.

Sebelum di Timnas U-16, Bagas dan Bagus juga masuk dalam Timnas U13 dan berhasil menjadi juara di Filipina.

Bagas dan Bagus secara fisik punya kemiripan yang identik. Namun, bila diamati lebih seksama, postur tubuh Bagas lebih tinggi daripada Bagus. Bagas juga memiliki codet bekas luka jahitan di bawah mata.

Di Timnas U-16, Bagus berposisi sebagai striker, sedangkan Bagas bermain sebagai bek sayap kanan.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERBARU

Tiga Pasien Positif COVID-19 di Aceh Sembuh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Tiga pasien positif corona atau COVID-19 di Aceh dinyatakan sembuh. Mereka diperbolehkan pulang setelah...

200 Pengemudi Ojek Daring di Aceh Peroleh Bantuan Sembako

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Sebanyak 200 pengemudi ojek daring di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Aceh, memproleh bantuan sembako dari Forum...

Update Corona di Aceh: Sudah 37 PDP COVID-19 Pulang dari RS dan Sehat

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Sebanyak 37 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona atau COVID-19 di Aceh dilaporkan sembuh dan telah pulang dari...

Update Corona di Aceh: ODP Bertambah Jadi 893, PDP 45, dan Hasil Swab EY Negatif

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona atau COVID-19 di Aceh kembali bertambah. Kali ini ODP bertambah 96 orang menjadi...

Surat Wali Nanggroe Kepada Para Tenaga Medis

Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk Malik Mahmud Al Haytar menyampaikan rasa terima kasih kepada para tenaga medis yang saat ini menjadi garda...

More Articles Like This