Saturday, August 13, 2022
spot_img

Aceh Sudah 3 Pekan Zona Kuning, Belum Ada Wilayah yang Zona Hijau

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Aceh belum meraih zona hijau Covid-19 akibat transmisi virus corona masih terjadi. Tiga kasus infeksi baru Covid-19 ditemukan lagi per Rabu (3/11/2021). Sementara itu, pasien yang sembuh bertambah 12 orang, dua orang dilaporkan meninggal dunia di Aceh dalam 24 jam terakhir.

“Aceh sudah meraih zona kuning sejak tiga pekan terakhir, namun belum ada daerah kabupaten/kota yang mencapai zona hijau,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), Kamis (4/11).

Ia menjelaskan, zona hijau akan diraih apabila tidak ada transmisi virus corona dalam masyarakat. Bila masih ada kasus konfirmasi Covid-19 pertanda ada penularan meski kasus sudah terkendali dan tidak ada klaster baru. Di zona kuning, transmisi virus di tingkat rumah tangga atau transmisi dari luar daerah (imported case) masih mungkin terjadi.

Menurut SAG, transmisi di tingkat rumah tangga itu dapat dihentikan atau diputuskan mata rantainya melalui prosedur isolasi mandiri yang dilakukan dengan benar dan disiplin yang ketat. Pasien Covid-19 selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan anggota keluarganya yang lain. Tidak berkeliaran di luar rumahnya.

Pasien isolasi mandiri ditempatkan di kamar terpisah dan tidur di atas tempat tidurnya tersendiri. Peralatan sanitasi yang digunakan penderita Covid-19 tidak digunakan bersama anggota keluarga yang lain. Penderita maupun seluruh anggota keluarga menjalankan protokol kesehatan secara ketat, dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

Sementara itu, lanjutnya, imported case dapat dipangkas dengan menghindari mobilitas antardaerah. Mobilitas antarkabupaten/kota atau antarprovinsi hanya dilakukan karena kebutuhan mendesak. Menahan diri dari mobilitas yang tidak diperlukan demi melindungi masyarakat satu kabupaten/kota merupakan tindakan mulia.

Ia juga mengimbau masyarakat tetap memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, meski berada di zona kuning. Acara pesta perkawinan maupun acara adat yang diselenggarakan hendaknya membatasi pengunjung dan mengatur jarak sehingga tidak terjadi kerumunan.

“Bila penderita tanpa gejala melakukan isolasi mandiri dengan benar dan ditambah dengan protokol kesehatan yang baik, Insya Allah Aceh akan segera menjadi zona hijau,” ujar SAG.

Data Update Covid-19 di Aceh

SAG juga menyampaikan bahwa kasus kumulatif Covid-19 di Aceh hingga 3 November 2021 sudah mencapai 38.341 orang. “Pasien Covid-19 yang sedang dirawat tinggal 105 orang. Para penyintas Covid-19 (yang sudah sembuh) 36.178 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara kumulatif sudah mencapai 2.058 orang,” tuturnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,583FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU