Aceh Juara Harapan I Lomba Inovasi TTG Tingkat Nasional

0
1006
Pembukaan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI 2019, di Bengkulu.

Provinsi Aceh mendapat Juara Harapan I dalam gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI 2019 yang dilaksanakan di Bengkulu. Karya Aceh adalah alat produksi minyak nabati multi umpan biji kemiri, biji kelor, kacang, alpukat, yang diciptakan Muhammad Dani.

Penghargaan atas inovator tersebut diterima Bupati Aceh Barat, Ramli MS mewakili Plt. Gubernur Aceh. “Kegiatan diikuti oleh 250 peserta mewakili seluruh kabupaten/kota,” kata Wardana, Kabid Pengembangan Kawasan SDA dan Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh, Selasa (24/9/2019).

Aceh ikut serta dalam berbagai kegiatan, di antaranya Lomba Inovasi TTG, Lomba TTG Unggulan, Rakornas TTG dan Widya Wisata. Pada gelar TTG XXI Tahun 2019 kali ini Aceh mengusung konsep  desain Kaligrafi Masjid yang menjadi ciri khas Aceh sebagai simbol Syariat Islam.

Gelar TTG Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Sport Center Bengkulu, dibuka 22 September lalu. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan TTG merupakan ajang silaturahmi dan tukar informasi dalam berbagai karya pedesaan di wilayah kerja masing-masing.

Sementara itu Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjodyo dalam sambutannya mengharapkan penggunaaan dana desa, dapat dibarengi dengan penggunaan teknologi tepat guna. “Gelar Teknologi Tepat Guna ini dapat menjadi ajang bertukar informai sehingga hasil teknologi dapat diterapkan di daerah lain untuk dapat meningkatkan efektivitas penggunaan dana desa,” katanya. []

 

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.