Video: Aksi Demo Ribuan Mahasiswa Aceh di Kantor DPRA

Video: Aksi Demo Ribuan Mahasiswa Aceh di Kantor DPRA
Aksi demo ribuan mahasiswa Aceh di halaman kantor DPRA, Kamis 26 September 2019. (Foto: Ucok/acehkita.com)

Ribuan mahasiswa dari pelbagai perguruan tinggi di Banda Aceh berdemonstrasi dan memadati halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Banda Aceh, Kamis (26/9). Dalam aksinya, mereka menyuarakan penolakan sejumlah Rancangan Undang-Undang yang dinilai tidak berpihak kepada masyarakat.

Di halaman kantor DPRA, massa berorasi secara bergantian. Beberapa mahasiswa juga melakukan aksi teatrikal di antara kerumunan massa. Aksi teatrikal ini diiringi tabuhan rapai.

Ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibantu aparat kepolisian berdiri membentengi mahasiswa di teras Kantor DPRA.

Dalam aksi #SimpangLimaMemanggil yang turut diramaikan sejumlah siswa STM, massa menyampaikan empat tuntutan. Pertama, meminta pemerintah (Presiden) untuk mengeluarkan PERPPU pembatalan UU KPK serta menolak segala bentuk pelemahan terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Kedua, meminta DPR RI membatalkan RUU KUHP yang bermasalah, di antaranya Pasal 218, 220, 241 dan 340.

Ketiga, meminta kepada DPR RI mengindahkan aspek transparansi, aspirasi dan partisipasi publik dalam proses pembahasan RUU.

Keempat, menuntut negara mengusut dan mengadili oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di beberapa wilayah Indonesia.

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.