Gajah Sumatera yang ditemukan mati di Karang Hampa, Arongan Lambalek, Aceh Barat, Senin (13/4/2015). | FOTO: Rizal Purba

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Seekor gajah Sumatera ditemukan mati di Desa Karang Hampa, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Senin (13/4/2015) sore. Kondisi gajah sudah membusuk dan tanpa kepala.

Mukhtaruddin, seorang warga, menyebutkan, gajah yang berkelamin jantan itu ditemukan dalam kondisi kepala terpenggal. “Tidak ada lagi gading,” kata anggota ranger itu kepada acehkita.com, Selasa (14/4/2015).

Gajah yang ditaksir berusia sekitar 25 tahun tersebut ditemukan mati di kawasan perkebunan sawit masyarakat.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Genman Sefti Hasibuan mengakui adanya gajah Sumatera mati yang ditemukan di luar kawasan hutan di Desa Karang Hampa.

“Menurut laporan yang saya terima, belalai gajah terputus,” ujarnya kepada acehkita.com.

BKSDA belum mengetahui penyebab kematian gajah tersebut. Saat ini, BKSDA telah mengirimkan tim ke Karang Hampa untuk melakukan otopsi terhadap bangkai gajah tersebut.

Genman menyebutkan, dengan kondisi belalai terputus, ada indikasi bahwa gajah tersebut mati akibat aktivitas perburuan gading.

“Kalau belalai terputus, kita menduga ada perburuan gading,” lanjutnya.

Ini merupakan kasus pertama kematian gajah pada 2015. “Semoga ini kasus pertama dan terakhir. Ke depan kita berharap tidak ada lagi gajah yang mati,” sebut Genman. []

FG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.