Thursday, March 23, 2023
spot_img

76 Event Wisata dan Budaya Bakal Digelar di Aceh Sepanjang 2023

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh resmi meluncurkan kalender event bertajuk Khazanah Piasan Nanggroe (KPN) 2023. Sedikitnya ada 76 event wisata dan budaya bakal digelar di Aceh sepanjang tahun 2023.

Peluncuran kalender event wisata dan budaya tersebut digelar di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (28/2/2023). Seremoni peluncuran KPN 2023 secara resmi dilakukan oleh Pj Gubernur Aceh yang diwakili Kepala Dinas Perkim Aceh, Muhammad Adam, didampingi Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, dan sejumlah tokoh nasional yang berdomisili di Jakarta, ditandai dengan penabuhan rapai.

Dalam sambutan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, yang dibacakan M Adam menjelaskan, Khazanah Piasan Nanggroe (KPN) 2023 terdiri dari 76 event, tiga di antaranya masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kemenparekraf yaitu Sabang Marine Festival, Aceh Ramadhan Festival dan Aceh Culinary Festival.

“Dampak yang diharapkan dari semua perhelatan dalam Khazanah Piasan Nanggroe ini adalah turut mendorong perekonomian masyarakat, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, membangun citra positif tentang industri pariwisata, dan jauh lebih penting lagi adalah membangun jiwa kewirausahaan masyarakat Aceh dalam memajukan industri pariwisata Aceh,” ujarnya.

Menurutnya, pascatsunami 2004, kunjungan wisatawan ke Aceh terus menunjukan tren positif. Selain itu, geliat dunia pariwisata Aceh mulai menguat dan KPN diharapkan menjadi momentum pembangunan kembali perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota seluruh Aceh yang telah dengan penuh dedikasi berkontribusi dan berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh. Harapannya, berbagai piasan berbasis pesona alam, atraksi budaya, dan kearifan Aceh yang kita luncurkan hari ini, dapat berjalan lancar dan selanjutnya lebih mungkin memicu pergerakan ekonomi kreatif di seluruh Aceh, Insyaallah,” katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, mengapresiasi Pemerintah Aceh atas peluncuran kalender event Khazanah Piasan Nanggroe (KPN) 2023 kepada masyarakat luas.

Ia menyebut bahwa peluncuran ini dapat semakin mendorong promosi potensi dan daya tarik sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara, serta berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Selamat dan sukses atas peluncuran calendar of event Khazanah Piasan Nanggroe 2023. Pariwisata bangkit, ekonomi pulih, budaya lestari bersama jaga Indonesia. Teurimong geunaseh,” ucapnya dalam video singkat kepada hadirin di Anjungan Aceh TMII Jakarta.

Kadisbudpar: Aceh Culinary Festival 2023 Maksimalkan Partisipasi Sektor Swasta

Para tamu dan undangan Khazanah Piasan Nanggroe 2023 dijamu dengan khanduri kuah beulangong. Kenduri kuah beulangong ini merupakan rangkaian kegiatan penjaringan sponsor dari event Aceh Culinary Festival (ACF) yang rencananya digelar pada Juli mendatang.

Kegiatan ini menjadi bagian dari proposal sponsorship yang ditawarkan, di mana para sponsor potensial mendapatkan gambaran singkat kemeriahan ketika festival ini berlangsung.

Kadisbudpar Aceh Almuniza mengatakan, festival kuliner tahunan yang telah dinobatkan sebagai TOP 10 event nasional selama dua tahun berturut-turut ini mampu memikat pengunjungan sekitar 100 ribu lebih, dengan potensi transaksi ekonomi mencapai Rp 7-10 miliar.

“ACF salah satu program unggulan Disbudpar Aceh yang kita kawal perkembangannya sejak awal, berkolaborasi dengan pihak swasta akan semakin menguatkan ACF,” ujarnya.

Peluncuran kalender event Khazanah Piasan Nanggroe 2023 turut dihadiri Pj Ketua TP PKK Aceh Ayu Chandra Febiola Nazuar, Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA, Ketua Forbes DPD/DPR RI asal Aceh Nasir Djamil, mantan Menteri Agama RI Fachrul Razi, mantan Pj Gubernur Aceh periode 2004-2007 Mustafa Abubakar; Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI Ni Made Ayu Marthini, tokoh Aceh di Jakarta, para bupati/wali kota dan kadisbudpar di Aceh, serta ratusan masyarakat Aceh dan tamu undangan. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,773FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU