Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Vaksinasi Lansia di Aceh Masih Rendah, Peran Pendakwah Dinilai Penting

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman, mengatakan kota Banda Aceh perlu menaikkan cakupan vaksinasi lansia sebanyak 13,3% atau 1.772 orang lansia. Artinya, per hari ada 104 lansia yang harus divaksinasi.

“Di Banda Aceh, 80% kematian akibat covid-19 adalah warga berumur 50 tahun ke atas. Angka meninggal sulit kita kendalikan ketika Covid-19 menyerang lansia” ujar Lukman, Rabu 27/10/2021.

Menurut data Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Per hari ini, Rabu 27/10/2021, capaian vaksinasi lansia kota Banda Aceh mencapai 29,9%. Angka ini harus mencapai 40% dari jumlah lansia yang ada di Banda Aceh untuk menaikkan level PPKM kota Banda Aceh.

Dalam Workshop yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh dan UNICEF, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh mengajak pendakwah bekerja sama menyakinkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

“Warga masih meragukan keamanan vaksin, padahal menurut penelitian aman. Dan di Aceh tidak ada kejadian pasca vaksin yang fatal. Yang penting adalah, saat screening masyarakat jujur terhadap kondisi kesehatannya,” ujar Wakil Sekretaris IDI wilayah Aceh, dr. Masry.

Data IDI Aceh menyebutkan, vaksinasi dosis pertama pada lansia di Aceh baru mencapai 11,13%, sementara dosis kedua hanya 5,1%. Aceh Utara dan Aceh Jaya bahkan menduduki posisi terendah vaksinasi Covid-19 terhadap lansia, yakni 4%.

dr. Masry berharap kepercayaan yang dimiliki masyarakat Aceh terhadap pendakwah dapat membantu meningkatkan jumlah vaksinasi Covid-19 di Aceh, khususnya vaksinasi lansia.

“Yang penting masyarakat mau vaksin. Terserah vaksin jenis apa, kalau memang masyarakat percayanya Sinovac karena seperti itu diberi tahu Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, ya silakan,” ujar dr. Masry. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,059FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU