Update COVID-19 Aceh 23 Juli: Positif Bertambah 7 Kasus, 7 Sembuh, 1 Meninggal

0
222
Update COVID-19 Aceh 23 Juli: Positif Bertambah 7 Kasus, 7 Sembuh, 1 Meninggal
Data COVID-19 di Aceh per 23 Juli 2020 pukul 15.00 WIB di situs resmi Dinkes Aceh.

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Angka positif COVID-19 di Aceh kembali bertambah tujuh kasus baru pada Kamis (23/7). Dengan bertambah 7 kasus itu, kini total positif virus corona menjadi 158 kasus.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Aceh per tanggal 23 Juli 2020 pukul 15.00 WIB, penambahan tujuh kasus baru tersebut empat di antaranya berasal dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Sedangkan 3 lainnya dari Kabupaten Aceh Tamiang.

Selain penambahan 7 kasus baru, hari ini juga tercatat ada 7 pasien yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal 3 orang dari Kabupaten Aceh Besar, 3 Banda Aceh dan 1 lainnya dari kategori luar daerah. Dengan demikian, jumlah pasien sembuh menjadi 84 orang.

Selanjutnya, pada situs itu juga disebutkan ada seorang pasien asal Abdya yang meninggal dunia pada hari ini. Sehingga jumlah pasien positif COVID-19 di Aceh yang meninggal menjadi 10 orang.

Berdasarkan update situs Dinkes Aceh itu hingga pukul 15.00 WIB, dari total 158 kasus positif virus corona di Aceh saat ini, sebanyak 84 orang di antaranya sudah sembuh, 10 orang meninggal dunia, dan 64 lainnya sedang dirawat.

Sejak kemunculan kasus pertama pada Maret lalu di Aceh, virus corona kini telah menyebar di 16 kabupaten/kota. Artinya masih tersisa 7 kabupaten/kota di Aceh yang belum terpapar COVID-19.

Gelar Doa Bersama

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Sekda Aceh Taqwallah bersama seluruh Kepala SKPA menggelar doa bersama dan zikir untuk kesembuhan pasien COVID-19 dan seluruh pasien lainnya yang dirawat di RSUDZA. Doa bersama dan zikir yang digelar pada Rabu (22/7) malam berlangsung secara daring via video conference.

Berhubung sedang menjalankan tugas kedinasan, Plt Gubernur dan Sekda Aceh mengikuti doa bersama dari Kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta. Sementara itu, di ruang tengah Meuligoe Gubernur Aceh terlihat hadir Wakil Ketua TP PKK Aceh Dyah Erti Idawati, para asisten dan sejumlah Kepala SKPA. Sebahagian besar Kepala SKPA lain mengikuti doa bersama via video conference di kantor dan rumah masing-masing.

Sebelumnya, sore Plt Gubernur sempat menjenguk pasien kasus 150 di ruang Respiratory Intensif Care Unit (RICU) RSUDZA Banda Aceh pada Rabu sore. Ia kemudian menginstruksikan seluruh jajaran Pemerintah Aceh untuk menggelar doa bersama secara daring bagi kesembuhan seluruh pasien COVID-19.

Dalam sambutannya sebelum doa bersama, Plt Gubernur menjelaskan bahwa kondisi pasien 150 baik-baik saja, hanya butuh istirahat total dan asupan gizi seimbang. Pasien kasus 150 tersebut diketahui seorang ulama karismatik sekaligus pimpinan dayah.

“Alhamdulillah, pasien 150 dalam kondisi normal. Seluruh indikator menunjukkan bahwa beliau baik-baik saja. Terima kasih kepada yang berhadir, semoga seluruh doa yang kita panjatkan diijabah Allah dan segera memberi kesembuhan kepada beliau dan seluruh pasien COVID-19 yang saat ini sedang dirawat di seluruh Aceh,” sebut Nova.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.