Update 1 Juli: Kasus Positif Corona di Aceh Bertambah 6 Orang, 5 Pasien Sembuh

0
262
Pemko Banda Aceh Gandeng Unsyiah Gelar Tes Swab Massal untuk 1.300 Warga
Petugas medis di Aceh melakukan swab test. (Foto: Ucok Parta/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kasus positif terinfeksi virus Corona di Aceh masih terus bertambah hingga hingga hari ini, Rabu (1/7/2020). Dalam 24 jam terakhir, bertambah enam kasus baru sehingga total positif Covid-19 di Tanah Seulanga menjadi 86 kasus.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), berdasarkan laporan Gugus Tugas kabupaten/kota se-Aceh, per 1 Juli 2020 pukul 15.00 WIB.

“Bertambah lagi enam kasus, sehingga total kasus Covid-19 Aceh saat ini sudah mencapai 86 kasus,” ujar SAG dalam keterangan tertulis, Rabu (1/7) sore.

SAG tidak merincikan tentang riwayat terpaparnya enam orang yang positif Covid-19 tersebut. Ia hanya menyampaikan nama inisial, umur, jenis kelamin, dan kabupaten/kotanya saja.

Ia menyebut 4 di antaranya berasal dari Kota Banda Aceh terdiri dari EM (32), R (67), FA (8) dan AAN (14). Berikutnya TR (29) dari Kabupaten Aceh Besar, dan N (56) dari Kota Langsa.

Masih di hari yang sama, sambung SAG, sebanyak 5 pasien positif Covid-19 yang selama ini menjalani perawatan di RSUDZA Banda Aceh dinyatakan telah sembuh. Dari 5 orang yang dilaporkan sembuh tersebut, 4 di antaranya merupakan tenaga medis RSUDZA yang terinfeksi virus Corona saat menangani pasien di Ruang RICU atau Ruang Isolasi Pinere beberapa hari lalu.

SAG menambahkan, dengan bertambah 6 kasus baru tersebut, jumlah orang yang positif Covid-19 di Aceh hingga saat ini sudah mencapai 86 kasus. Dari total kasus tersebut, pasien sembuh sudah menjadi 31 seiring bertambah 5 orang pada hari ini. Sednagkan 52 pasien lainnya sedang dirawat dan 3 orang meninggal dunia.

“Kita mesti lebih awas lagi menjaga diri, menjaga keluarga, dan menjaga tetangga kita. Sebaiknya kita saling bersilaturahmi dengan alat komunikasi untuk sementara ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, adapun jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.297 orang. Ada penambahan ODP baru sebanyak 2 orang dibandingkan data kumulatif kemarin.

“ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 74 orang. Sedangkan sebanyak 2.223 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri,” sebutnya.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kata SAG, juga bertambah dua orang pada hari ini sehingga menjadi 127 kasus. “PDP yang masih dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 5 orang. PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 121 orang, dan 1 orang PDP meninggal dunia pada 25 Maret 2020,” ujar SAG.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.