Wednesday, October 27, 2021
spot_img

Universitas Syiah Kuala Mulai Vaksinasi Dosen dan Tenaga Kependidikan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) mulai melakukan vaksinasi COVID-19 untuk dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus. Kegiatan penyuntikan vaksin corona Sinovac tersebut berlangsung di Rumah Sakit Pendidikan USK, Selasa (16/3).

Wakil Direktur Pelayanan Medis, Penunjang dan Keperawatan RS Pendidikan USK, Mulkan Azhary, menyempaikan pandemi COVID-19 benar-benar menjadi perhatian USK. Untuk itulah, ia sangat mengapresiasi atas respon cepat pimpinan USK untuk melakukan vaksinasi di lingkungan kampus.

“Alhamdulillah respon dari pimpinan yang meminta bantuan vaksin dari Dinkes Provinsi Aceh, sehingga kita diberi kepercayaan 1.700-an dosis, yang diplotkan untuk tenaga nonmedis di lingkungan USK, dosen maupun tenaga kependidikan,” ujar Mulkan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/3).

Ia menjelaskan, selama pelaksanaan vaksinansi berlangsung, pihak RS Pendidikan USK membuka maksimal 100 orang per hari yang terdiri dari dua sesi yaitu pagi dan siang. Meskipun demikian, pihaknya tetap mengedepankan fleksibilitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Insya Allah kuota per hari kita buka 100 orang. Dan sampai hari ini sudah 91 orang mendaftar,” kata Mulkan.

Ia menyebut, kegiatan vaksinasi di USK berlangsung selama dua atau tiga minggu ke depan. Namun demikian, sesuai arahan dari Dinkes Aceh, pelaksanaan vaksinasi tidak boleh mengganggu pelayanan kesehatan rutin di RS Pendidikan USK yang harus tetap berjalan seperti biasa.

“Karena kita ada pasien lain di poliklinik, rawat inap, dan IGD. Seperti arahan Dinkes, bahwa pelayanan vaksinasi tidak boleh mengganggu rutinitas pelayanan yang sudah ada,” sebutnya.

Koordinator Vaksinasi RS Pendidikan USK, Khadijah menjelaskan, USK telah mempersiapkan teknis kegiatan vaksinasi sebaik mungkin, dimulai dengan memberikan pengarahan (briefing) kepada 10 orang tim petugas vaksinasi sebelum melakukan vaksinasi. Petugas ini terdiri dari 2 orang bidan, 6 perawat, dan 2 dokter umum.

“Setelah vaksinasi tahap pertama, dosen dan tenaga kependidikan di USK akan melanjutkan vaksinasi tahap kedua setelah 14 hari ke depan. Untuk diketahui, sebelumnya USK juga telah melaksanakan vaksinasi tahap pertama dan kedua terhadap tenaga kesehatannya pada pertengahan Februari 2021,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I USK Prof Marwan menyampaikan, pelaksanakan vaksinasi hari ini adalah wujud komitmen USK untuk mendukung program vaksinasi corona yang telah dicanangkan pemerintah, sebagai upaya untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

Ketua Satgas COVID-19 USK itu berharap, kegiatan tersebut dapat memotivasi instansi ataupun perguruan tinggi di Aceh lainnya, untuk terlibat aktif sesuai perannya masing-masing dalam mendukung pemerintah menghadapi wabah virus corona.

“Karena kita menyakini, wabah ini akan cepat berakhir jika kita semua saling mendukung. Sebagai sebuah perguruan tinggi, inilah tanggung jawab USK yaitu bagaimana membangun kesadaran masyarakat untuk peduli,” ujarnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,865FollowersFollow
22,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU