Friday, May 17, 2024
spot_img

Ulama Perempuan Aceh Ikut Lokakarya Menjaga Lingkungan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sedikitnya 20 ulama perempuan di Aceh atau disebut Teungku Inong ikut lokakarya menjaga lingkungan di Kota Banda Aceh, Ahad dan Senin (27-28/2/2022). Kegiatan ini digelar Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA).

Lokakarya bertema ‘Agama dan Penyelamatan Ruang Hidup: Peran Teungku Inong Aceh dalam Keberlanjutan Ruang Hidup’ itu bertujuan menguatkan peran ulama perempuan dalam mengedukasi masyarakat bahwa penting merawat lingkungan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kajian ruang belajar ulama perempuan mengenai isu penyelamatan lingkungan.

Rubama, Community Conservation Officer Yayasan HAkA, mengatakan lokakarya ini merupakan respons berbagai dampak dari kerusakan lingkungan dan perubahan iklim yang dialami sekarang di Aceh, seperti banjir, longsor, dan kekeringan.

“Kami menilai penting sekali pendekatan agama, khususnya dari ulama perempuan, untuk meningkatkan penyadartahuan masyarakat terkait pentingnya perlindungan lingkungan,” kata Rubama, Senin (28/2/2022).

Menurutnya, banyak ayat Al-Qur’an dan hadis menyebutkan bahwa kerusakan lingkungan hidup tanpa terkendali menjadi faktor penyebab langsung kehancuran bumi. “Dengan meningkatnya kajian perlindungan lingkungan melalui pendekatan agama, kami harap dapat berkontribusi mengurangi kerusakan lingkungan di Aceh,” ujarnya.

Pada akhir kegiatan, para peserta dan fasilitator akan merumuskan rencana strategi kolaboratif, implementatif, dan terukur yang dapat dilakukan Teungku Inong untuk meningkatkan penyadartahuan kerusakan lingkungan melalui pendekatan agama.

 “Jujur saja sebagai pengajar, saya belum banyak mengetahui apa yang sedang terjadi di Aceh dan sekarang saya menjadi lebih paham betapa pentingnya peran saya dan ulama perempuan lainnya sebagai pendidik untuk keberlanjutan bumi ini,” kata Umi Soffia, Teungku Inong dari Aceh Tenggara.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU