Friday, August 12, 2022
spot_img

UIN Ar-Raniry Jadi Tuan Rumah OASE PTKI I se-Indonesia 2021, Ini Kata Rektor

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ke-I (OASE PTKI I) se-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 24 Oktober hingga 28 November 2021.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Warul Walidin, mengatakan, Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan kompetisi mahasiswa bidang akademik yang diberi nama OASE PTKI se-Indonesia.

“OASE ini merupakan bentuk transformasi dari kegiatan yang semula bernama Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang sebelumnya juga dipercayakan UIN Ar-Raniry sebagai tuan rumah pada 2017 lalu, kemudian dikembangkan menjadi dua even, yaitu OASE dan Pekan Seni Olahraga Nasional (PESONA),” ujar Warul dalam konferensi pers, Selasa (26/10).

Tahun 2021, kata Warul, OASE PTKI I se-Indonesia dipercayakan kepada kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk menjadi tuan rumah.

“Dipercayakannya UIN Ar-Raniry sebagai tuan rumah untuk perhelatan kegiatan perdana ini adalah sebagai kado istimewa yang diberikan oleh Menteri Agama pada momen Dies Natalis UIN Ar-Raniry ke-58 tahun yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2021,” sebutnya.

Menurutnya, ajang kompetisi OASE PTKI I akan menjadi program strategis Kementerian Agama dalam pembinaan generasi muda, dan sumber daya manusia yang kritis, kreatif, dan inovatif. Sehingga menjadi bekal mahasiswa dalam menghadapi kehidupan yang kompleks dan kompetitif.

Selain itu, sambungnya, pelaksanaan kegiatan OASE bertujuan untuk mengukur capaian pembelajaran dan kualitas mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di seluruh Indonesia, serta menumbuhkan semangat berkompetisi (fastabiqul khairat) yang berbasiskan solidaritas antar mahasiswa PTKI se-Indonesia.

“Kami berharap kepada semua pihak yang terlibat pada kegiatan ini baik pihak kampus maupun masyarakat Aceh secara khusus dan seluruh masyarakat Indonesia, untuk ikut serta menyukseskan acara OASE PTKI I se-Indonesia 2021 agar berjalan dengan baik, dan dapat diikuti oleh PTKIN dan PTKIS seluruh Indonesia sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana kegiatan,” kata Warul.

Ketua Panitia OASE PTKI I, Dr. Saifullah Idris, menyampaikan, rangkaian kegiatan diawali dari proses pendaftaran bagi peserta PTKI I se-Indonesia yang sudah berlangsung selama 5-20 Oktober 2021.

“Berdasar hasil verifikasi panita, setidaknya ada sekitar 3.000 peserta dari seluruh PTKI se-Indonesia yang ikut ambil bagian mendaftar ikut dalam berbagai perlombaan selama berlangsung masa pendaftaran bagi peserta,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry.

Lebih lanjut, Saifullah mengatakan, selain itu, pembukaan OASE PTKI I akan dilaksanakan pada 1 November 2021, sekaligus akan diumumkan peserta yang masuk ke tahap semifinal.

“Setiap peserta yang masuk ke tahap semifinal, akan mengikuti technical meeting pada 3 November 2021. Semifinal dijadwalkan pada 6–13 November. Sementara, kegiatan final dijadwalkan pada 25–28 November 2021, dan dilanjutkan dengan acara penutupan pada 28 November 2021,” ujarnya.

Saifullah menambahkan, adapun perlombaan yang diperlombakan pada OASE PTKI I se-Indonesia 2021 terdiri dari lomba bidang Sains, Karya Inovatif, Debat Ilmiah, Business Plan, Qiraatul Qutub, Fahmil Al-Quran, Story Telling, dan Dai Mahasiswa.

“Untuk semua rangkaian kegiatan OASE PTKI I, baik jadwal maupun bidang-bidang yang diperlombakan, dan informasi lainnya dapat dilihat langsung pada web resmi OASE Ar-Raniry,” sebutnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,583FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU