Saturday, October 1, 2022
spot_img

Sore Ini, Yuk Koreksi Arah Kiblat

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sudah benarkah kiblat salat kita tepat berada ke arah kiblat? Untuk mengetahuinya, kita bisa mengamati pada sore nanti pukul 16.18 WIB atau 17.18 Waktu Indonesia bagian Tengah.

Umat Islam di Indonesia dianjurkan untuk mengoreksi arah kiblat salat pada Jumat (27/5/2016) tepat pukul 16.18 WIB atau 17.18 Wita.

Kementerian Agama bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah menyebutkan, berdasarkan data astronomi diketahui bahwa pada pukul 16.18 WIB, matahari berada tepat di atas Kakbah.

“Sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah lurus ke Kakbah,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammadiyah Amin dalam rilis yang diterima acehkita.com.

Namun, Muhammadiyah Amin menyarankan umat Islam untuk memastikan bahwa benda yang akan dijadikan patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus. “Atau gunakan lot/bandul,” ujarnya.

Selain itu, permukaan dasar tanah harus benar-benar datar dan rata, serta pengukuran jam harus disesuaikan dengan yang akurat, seperti pedoman pada situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Kakbah merupakan kiblat umat Islam sedunia yang terletak di Kota Mekah, Arab Saudi. Sebelum Kakbah, kiblat umat Islam yang pertama adalah Masjid Aqsa di Jerussalem, Palestina.

Kakbah berada di koordinat 21.4 derajat Lintang Utara (LU) dan 39,8 derajat Bujur Timur (BT). Dalam setahun, peristiwa Matahari berada di atas Kakbah terjadi dalam dua kali, sehingga umat Islam bisa menentukan arah kiblat dengan teknik bayangan Matahari –teknik selain penentuan melalui teknologi GPS atau kompas. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,618FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU