Thursday, August 5, 2021
spot_img

SM-3T Unsyiah Ajak Masyarakat Berbagi untuk Manggarai

NUSA TENGGARA TIMUR – Dalam rangka mendukung program pengembangan pendidikan, guru muda SM-3T angkatan V yang berasal dari Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Syiah Kuala Aceh dan Universitas Negeri Semarang penempatan di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mengajak masyarakat berbagi paket sekolah untuk siswa Kabupaten Manggarai. Gerakan ini mengangkat tema “Berbagi Asa untuk Masa Depan Siswa Manggarai, Nusa Tenggara Timur” yang dikemas dalam program “Asa Siswa Manggarai”.

Ketua panitia Asa Siswa Manggarai (ASM), Aziz Permana mengatakan tujuan gerakan ini yakni memfasilitasi siswa yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan sekolah untuk meningkatkan semangat belajar siswa. “Ini merupakan bentuk solidaritas kami guru SM-3T kepada siswa Manggarai dengan mengajak masyarakat Indonesia sebagai donatur untuk berbagi paket sekolah”, terangnya.

Aziz juga menjelaskan kegiatan ini di laksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilaksanakan pada 28 Mei mendatang, yang bertempat di SDN Ulu Belang, Desa Ulu Belang, Kecamatan Satarmese dan tahap kedua di rencanakan pada bulan juni di beberapa SD secara serempak. “Kegiatan ini di fokuskan untuk siswa sekolah dasar, terutama bagi siswa berprestasi dan siswa yang kurang mampu”, ungkap guru muda dari LPTK Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Samsul Bahri, panitia bagian Hubungan dan Masyarakat (Humas) Asa Siswa Manggarai ini menuturkan hingga saat ini sudah menerima bantuan dari berbagai donatur, ada yang berupa uang maupun perlengkapan sekolah. “Sejauh ini sudah banyak donatur yang berpartisipasi dalam gerakan ini dengan memberikan sumbangan, meskipun begitu kita tetap mengajak seluruh masyarakat Indonesia, untuk membantu kemajuan pendidikan di pedalaman Kabupaten Manggarai dan di seluruh pelosok nusantara”, jelas guru muda yang berasal dari Aceh Utara ini.

Ia menambahkan, sebagaimana kita ketahui NTT termasuk provinsi yang tertinggal. Tidak hanya dari sarana dan prasana umum, namun juga dibidang pendidikannya masih kurang. Ada beberapa SD di Manggarai masih berbahankan bambu dan berlantaikan tanah, tidak hanya sepatu yang mereka tidak punya, bahkan sebagai pengganti dari tas mereka menggunakan kantong plastik untuk membawa buku ke sekolah.

“Paket sekolah hasil sumbangan dari Guru SM-3T dan donatur ini, tahap pertama akan di salurkan kepada siswa-siswi di SDN Ulu Belang, dan sekolah ini menjadi salah satu pertimbangan kami untuk menjadikan sasaran kegiatan, dikarenakan termasuk salah satu sekolah yang dindingnya masih berbahan bambu dan berlantaikan tanah serta kondisi siswa-siswinya kurang mampu”, sebutnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendonasikan bantuan berupa dana dapat dikirim melalui Bank BRI dengan Nomor Rekening 0273-01-012647-53-4 atas nama “Asa Siswa Manggarai”. Sedangkan, donasi berupa bantuan barang dapat dikirim ke Guru SM-3T atas nama Rita Hapsari dengan alamat Kantor Pos Cancar, Jalan Raya, Ruteng-Labuan Bajo, Kampung Ndingar, Dusun Weol, Kelurahan Waebelang, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kode Pos 86551 atau bisa menghububungi nomor handphone 082137148327. Info selengkapnya mengenai kondisi sekolah yang akan di berikan bantuan maupun kondisi siswa-siswi Kabupaten Manggarai dapat langsung mengungjungi Blog dengan alamat di http://asasiswamanggarai.blogspot.co.id dan fans page Facebook Asa Siswa Manggarai.

SM-3T adalah program pengabdian sarjana pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah  Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) selama 1 tahun untuk mempersiapkan pendidik profesional. Program SM-3T ini bertujuan untuk membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan. Ruang lingkup SM-3T selain melaksanakan tugas pembelajaran pada satuan pendidikan, juga melakukan  tugas sosial dan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung program pembangunan pendidikan dan kebudayaan di daerah 3T.

Guru SM-3T UNSYIAH dan SM-3T UNNES angkatan V penempatan di Kabupaten Manggarai masing-masing berjumlah 32 dan 28 orang. Mereka sudah mengabdi mulai dari agustus 2015 dan rencananya akan ditarik pada agustus 2016 mendatang.  [citizenkita]

NURHAMIDAH

Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,623FollowersFollow
22,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU