Wednesday, February 28, 2024
spot_img

Seribuan Calon Mahasiswa Ikut Seleksi di IAI Al-Aziziyah Samalanga

BIREUEN | ACEHKITA.COM-Seribuan calon mahasiswa mengikuti ujian seleksi masuk Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen, di kampus tersebut, Kamis (3/8/2023).

Kabag Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga Tgk Mursalin, MH kepada acehkita.com, mengatakan, peserta tes tersebar di tiga fakultas dengan tujuh Program Studi (Prodi) yang ada. Fakultas Tarbiyah terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Ekonomi Syariah (EKOS), Hukum Keluarga Islam (HKI).

Selanjutnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang terdiri dari dua Prodi, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

“Peserta seleksi tahun ini terjadi peningkatan dibandingkan tahun lalu,” kata Tgk Mursalin.

Ketua Panitia seleksi Tgk. Nainunis, MA mengatakan, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan di dua lokasi, kampus induk di Dayah Mudi Mesjid Raya dan Kampus II, Dayah Jami’ah Batee Iliek Samalanga.

‘’Sejak pagi calon mahasiswa sudah hadir bahkan ada yang didampingi orang tua. Peserta berasal dari hampir seluruh daerah di Aceh, bahkan ada peserta yang berasal dari Jambi,’’ ujarnya

Wakil Ketua Panitia, Dr. Tgk. Karimuddin Abdullah, MA., CIQnR menyampaikan, seleksi mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 berjalan lancar. Materi tes berupa pengetahuan umum dan agama, tes potensi akademik, dan substantif sesuai program studi masing-masing.

“Alhamdulillah masyarakat masih sangat besar menaruh harapan pada IAI Al-Aziziyah Samalanga karena perguruan tinggi yang berlatar belakang pendidikan pesantren. Jumlah peminatnya masih di atas ketersediaan bangku kuliah. Sehingga, kami harus melaksanakan seleksi secara ketat,” ujarnya.

Sementara Rektor IAI Al-Aziziyah Samalanga, Tgk Muhammad Abrar Azizi M.Kom mengatakan, pengumuman kelulusan dijadwalkan pada Sabtu (5/8/2023), dan pendaftaran ulang mulai 5-10 Agustus 2023.

“Bagi mahasiswa yang lulus namun tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan, maka dianggap gugur,” pungkasnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU