Friday, May 17, 2024
spot_img

Semua Kabupaten/Kota di Aceh Masih Berstatus Zona Oranye COVID-19

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Semua kabupaten/kota di Aceh saat ini masih berstatus zona oranye atau zona dengan risiko sedang penyebaran COVID-19. Tidak ada perubahan sebagaimana peta zonasi risiko mingguan pada pekan sebelumnya.

“Satgas Penanganan COVID-19 Nasional kembali merilis zonasi risiko daerah kenaikan kasus COVID-19 mingguan berdasarkan data per 6 Desember 2020. Aceh bertahan di zona oranye, seperti minggu lalu. Semua daerah kabupaten dan kota di Aceh memiliki risiko sedang kenaikan kasus COVID-19,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, dalam keterangan yang diterima acehkita, Jumat (11/12).

“Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki peluang menjadi zona kuning, zona risiko rendah kenaikan kasus COVID-19,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, hasil skoring dan pembobotan indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan, Abdya memperoleh nilai sama dengan minggu lalu, yaitu 2,4, nyaris masuk dalam rentang nilai zona kuning, yakni 2,41-3,0.

“Kita berharap Abdya meninggalkan zona oranye pada rilis minggu depan,” kata Jubir yang akrab disapa SAG itu.

Sementara itu, sambung SAG, nilai skoring dan indikator zonasi risiko daerah 22 kabupaten/kota lainnya masih terpaut jauh dengan zona kuning.

“Bahkan Aceh Singkil saat ini tengah berada di tubir zona merah dengan nilai 1,81. Rentang nilai kategori zona merah 0–1,80,” sebutnya.

Lebih lanjut, SAG menyampaikan, hasil skoring dan pembobotan dwimingguan itu menggambarkan dinamika penanganan pandemi COVID-19 di setiap daerah, ada yang kian baik kondisinya, ada yang tetap, dan ada juga yang menurun. Ia berharap yang kondisinya membaik diharapkan menjadi zona kuning pada rilis Satgas Nasional berikutnya.

“Alih-alih lengah, kita malah harus lebih keras melawan keganasan virus corona untuk memperbaiki kondisi daerah menuju zona kuning, zona yang dinilai relatif aman bagi anak-anak kita untuk belajar tatap muka pada awal tahun depan,” ujarnya.

Update Corona di Aceh per 11 Desember 2020

Hingga hari ini, Jumat (11/12), total kasus positif COVID-19 di Aceh telah mencapai 8.478, setelah adanya penambahan 20 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Dari jumlah kumulatif tersebut, sebanyak 7.336 pasien di antaranya dinyatakan telah sembuh dari corona, seiring bertambah 27 orang pada hari ini. Kemudian sebanyak 334 orang tercatat meninggal dunia, dan saat ini 808 orang lainnya masih dalam perawatan.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU