Friday, February 21, 2020

Plt Gubernur Bicarakan Arah Pembangunan Aceh pada Rakonreg RPJMN 2020-2024

Must Read

Gubernur Diminta Cabut Izin Tambang

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM -- Puluhan mahasiswa yang menamakan diri Barisan Rakyat Antitambang melakukan aksi menuntut gubernur Aceh...

WH Bekuk Pemuda Mabuk

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Tim gabungan Wilayatul Hisbah (WH) Banda Aceh dan Polisi Militer (PM) meringkus tiga pemuda...

BKRA tak Punya Kewenangan Bangun Rumah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM -- Badan Kesinambungan Rekonstruksi Aceh hanya mempunyai kewenangan untuk melakukan pemantauan dan koordinasi terhadap proyek...

Takut Gempa Susulan, Warga Blang Jeurat Tidur di Bedeng

TANGSE | ACEHKITA.COM -- Sebanyak enam kepala keluarga atau sekitar 15 jiwa warga Desa Blang Jeurat, Tangse, Pidie, memilih...
Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, membicarakan pembangunan berbasis kawasan, rencana strategis, serta rincian proyek utama yang menjadi rencana pembangunan pemerintah Aceh, untuk periode tahun 2020-2024.

Presentasi itu disampaikan di depan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro, juga gubernur se-Sumatera, dalam rapat konsultasi regional (rakonreg) penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yang berlangsung di Kota Medan, Selasa (13/8/2019).

Menurut Nova, kini kawasan Lautan Hindia adalah kawasan pertumbuhan tinggi. Geo-politik, geo-ekonomi, dan geo-strategis dunia beralih ke sana.

“Aceh yang terletak di ujung barat Indonesia ada di pintu gerbang itu. Baik dari lalu-lintas dari Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa juga Afrika,” Nova menjelaskan.

Untuk itu, satu antara rencana strategis kedepan yang akan dilakukan Pemerintah Aceh adalah menjadikan kawasan Lautan Hindia dan Andaman sebagai destinasi investasi dan kegiatan ekonomi berbasis ekspor.

Secara khusus, Nova Iriansyah, juga meminta pemerintah pusat melalui kementerian terkait untuk segera membuka rute penerbangan dari Bandara SIM, Aceh Besar, ke Port Blair di Kepulauan Andaman, India.

“Jadi dari Port Blair itu hanya satu jam (penerbangan) ke Aceh. Sedangkan ke daratan India itu cuma 3 jam,” jelas Nova.

Menurut Nova, Dubes India sudah lima kali datang ke Aceh. Untuk meminta dan membicarakan kerja sama yang bisa dilakukan.

“Pak Menteri, kayaknya mereka butuh sekali kita. Apa yang saya butuhkan dari Pak Menteri adalah bimbingan termasuk orang-orang yang ahli dalam bernegosiasi, supaya kita dapat memanfaatkan posisi tawar yang tinggi terhadap India dalam konteks Port Blair di Andaman.”

Menyangkut Aceh yang berada di lintasan Ring of Fire, menurut Nova, rencana strategis yang dilakukan Pemerintah Aceh adalah dengan pengendalian pengurangan risiko bencana melalui penguatan sumber daya manusia dan daya dukung serta daya tampung lingkungan.

Sementara untuk pemerataan pembangunan, pemerintah akan membangun berdasarkan basis kawasan. Untuk wilayah Banda Aceh, Sabang, Jantho (Basajan), yang direncanakan pembangunan industri Lampulo dan KIA Ladong. Infrastruktur( pelabuhan Malahayati, jalan tol, air bersih, dan smart city). Konservasi AIR (DAS Krueng Aceh, waduk krueng Suelimum, embung Krueng Raya). Pusat riset dan study kebencanaan Unsyiah, halal tourism. Pengembangan Bandara SIM sebagai hub penerbangan haji dan umrah. Pengembangan wisata religi Masjid Raya Baiturrahman, revilitalisasi museum tsunami, MRT rute bandara SIM-Masjid Raya Baiturrahman-Ule Lhue.

Untuk kawasan ekonomi khusus (KEK) Barat Selatan, akan dilakukan pembangunan infrastruktur konektivitas (Pelabuhan Teluh Surien dan Calang, Bandara Cut Nyak Dien, Kuala Bate, Terowongan Geuruetee). Penguatan Universitas Teuku Umar. Pengembangan industri nilam, restorasi lahan gambut dan penanggulangan bencana kebakaran hutan, pembangunan wisata Pulau Banyak.

Untuk KEK Pariwisata di Simeulue Pulau Banyak, rencana pembangunannya adalah Infrastruktur konektivitas; bandara Hamzah Fansuri dan Lasikin, pelabuhan Sinabang, pelabuhan Pulau Banyak dan Singkil, jaringan telekomunikasi. Selain itu juga dilakukan pengembangan destinasi wisata.

Sementara untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Dataran Tinggi Gayo Alas (KSPN DTGA), yang direncanakan adalah, pengembangan infrastruktur konektivitas Bandara Rembele, Alas Leuser, pusat logistik, dan jaringan komunikasi. Selain itu juga akan melakukan pengembangan destinasi wisata Danau Laut Tawar, peningkatan produksi komoditas pertanian, konservasi TNGL juga Danau Laut Tawar, serta penanganan gangguan kawasan TNGL Leuser.

Sedangkan di pesisir timur salah satu yang direncanakan adalah pengembangan kawasan industri Kuala Langsa juga KPPN Peureulak. Sementara KEK Arun terus akan berlanjut seperti yang telah direncanakan.

Sementara untuk menyambut PON 2024, Pemerintah Aceh akan melakukan pembangunan stadion utama, pembangunan venue olahraga, wisma atlet dan rehabilitasi serta peningkatan sarana serta prasarana olahraga.

Selain dihadiri menteri dan gubernur, rakonreg penyusunan rancangan awal RPJMN 2020-2024 itu juga turut dihadiri Kepala Bappeda, Bupati/Walikota, Rektor Universitas se-Sumatera. Selain Plt Gubernur Aceh, semua pimpinan daerah juga ikut mempresentasikan rancangan awal pembangunan di provinsinya masing-masing.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERBARU

Diskusi Quo Vadis Rencana Investasi Aceh, Yuk!

Institute for Strategic and Policy Studies (ISPS) yang berkantor di Jakarta, bekerja sama dengan Aceh Bisnis Club (ABC) Jakarta,...

Wali Nanggroe Bertemu Dubes Uni Eropa Bahas MoU Helsinki

JAKARTA | ACEHKITA.COM - Wali Nanggroe Malik Mahmud Al-haythar bertemu Duta Besar (Dubes) Uni Eropa delegasi untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket, membahas...

Daftar Nama 22 Petugas Haji 2020 Kloter Aceh yang Lolos Seleksi

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh mengumumkan 22 nama calon petugas haji Aceh yang lulus dalam seleksi petugas haji...

Busana Rumoh Syar’i di Aceh Wedding Expo 2020 Dapat Pujian dari Ketua DWP

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setda Aceh, Safrida Yuliani, memuji keindahan busana muslim hasil karya Rumoh Syar'i. Ia terpukau menyaksikan peragaan model yang mengenakan...

Persiraja Resmi Kontrak Pemain Timnas Lebanon Samir Ayass

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Persiraja resmi mengikat kontrak pemain Timnas Lebanon, Samir Ahmed Ayass, selama satu musim. Tanda tangan kontrak pemain untuk slot...

More Articles Like This