Petugas Tes Antigen Acak Pengunjung Warung Kopi di Banda Aceh, Seorang Positif

Foto: Humas Kota Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Petugas gabungan menggelar razia penerapan protokol kesehatan pencegahan corona serta mengambil sampel tes swab antigen secara acak terhadap pengunjung sejumlah warung kopi di Kota Banda Aceh, Aceh, pada Sabtu (8/5/2021) malam. Dalam pemeriksaan itu seorang warga dinyatakan positif COVID-19.

Berlangsung hingga Minggu dini hari, razia itu dipimpin Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman melibatkan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banda Aceh. Aminullah menyebut razia digelar seiring kasus positif corona meningkat di Banda Aceh dalam beberapa hari terakhir.

“Apalagi sekarang sedang ramai-ramainya di Banda Aceh. Maka Forkopimda sepakat mengawal langsung pelaksanaan protokol kesehatan hingga lebaran nanti. Harapan kami, minimal tidak ada penambahan kasus positif baru,” kata Aminullah dalam keterangan tertulis yang diterima acehkita.com, Minggu (9/5/2021).

Petugas menyisir satu per satu warung kopi yang kerap ramai pengunjung, mulai di Simpang Surabaya hingga di kawasan Batoh. Pengunjung, pengelola, dan pelayan di warung kopi kemudian diambil sampel swab antigen secara acak. Sembari menanti hasil pemeriksaan keluar, petugas menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan.

Dari total 17 sampel swab antigen yang diambil, satu di antaranya dinyatakan positif corona. Petugas membawa seorang yang terpapar virus tersebut ke rumah sakit untuk mendapat penanganan selanjutnya. Selain yang diminta petugas, ada beberapa orang yang mengajukan diri menjalani tes swab antigen.

“Ini merupakan bagian dari ikhtiar kami untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Banda Aceh,” kata Aminullah.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.