Penjualan Elpiji 12 Kilogram Lesu

0
1656

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Banyaknya warga yang beralih menggunakan gas elpiji tabung tiga kilogram mengakibatkan penjualan gas tabung 12 kilogram mengalami penurunan.

Pantauan acehkita.com di beberapa pengecer gas, penjualan gas tabung 12 kilogram lesu. Masyarakat beralih ke gas tabung tiga kilogram untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Syahrir, pemilik pangkalan gas di Banda Aceh, menyebutkan, dalam beberapa bulan terakhir ini ia hanya mampu menjual gas 12 kilogram kurang dari 40 tabung. Hal ini tak terlepas dari melejitnya harga tebus gas tersebut yang mencapai Rp100 ribu per tabung.

“Biasanya saya mampu jual 80 tabung per hari,” kata Syahrir kepada wartawan, Senin (12/5/2014). “Masyarakat banyak yang beralih ke gas tabung tiga kilogram.”

Hal ini diketahui dari jumlah penjualan gas tabung 3 kilogram yang mencapai 100 tabung per hari.

Pada 2014 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh memberikan kuota pasokan gas tiga kilogram sejumlah 19,8 juta tabung. Dinas menemukan banyaknya konsumen yang beralih ke gas elpiji tiga kilogram.

“Padahal itu ditujukan untuk masyarakat yang penghasilannya kecil,” sebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Safwan. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.