Monday, November 28, 2022
spot_img

Museum Tsunami Raih Juara 1 API Award 2020 Kategori Destinasi Unik

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Museum Tsunami berhasil meraih juara pertama Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2020 kategori Destinasi Wisata Unik Terpopuler. Penghargaan tersebut diterima oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada Malam Anugerah Pesona Indonesia yang berlangsung di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/5) malam.

Museum Tsunami berhasil unggul dari sejumlah destinasi unik lainnya. Pesaingnya di kategeori unik terdapat Aek Natonang Samosir, Batu Tompak Tiga Anambas, Danau Dua Rasa Berau, Danau Gedang Bengkulu, Dusun Sri Pengantin Musi Rawas, Jajang Saribu Bukit Tinggi, Pasir Putih Aikima Jayawijaya, Sungai Tambosari Kolaka, dan Waterblow Penin Sula Bali.

Atas perolehan penghargaan tersebut, Aminullah Usman menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mendukung Museum Tsunami dengan melakukan voting yang sebelumnya diadakan di pengujung tahun lalu.

Ia juga mengapresiasi Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh yang dinilai aktif mempromosikan dan mengajak warga Kota Banda Aceh untuk ikut memilih Museum Tsunami sebagai destinasi wisata unik terpopuler dengan melibatkan Duta Wisata Kota Banda Aceh, yakni Agam Inong.

Menurutnya, perolehan penghargaan tersebut menjadi kesempatan besar dalam menghadirkan wisatawan ke Kota Banda Aceh, tidak hanya wisatawan nusantara tetapi juga wisatawan mancanegara jika pandemi Covid-19 telah berakhir.

“Kita harapkan dengan kemenangan ini dapat menunjang sektor wisata dan perekonomian khususnya di Banda Aceh sehingga dapat terciptanya kesejahteraan masyarakat di masa pandemi Covid-19,” ujar Aminullah dalam keterangan tertulis, Jumat (21/5).

Ia menjelaskan, Museum Tsunami yang didesain oleh Ridwan Kamil dibangun pada tahun 2008 menghabiskan biaya Rp.140 milyar terletak di tengah kota Banda Aceh merupakan monumen simbolis untuk mengenang bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh pada tahun 2004.

Bangunan itu menyimpan berbagai bukti kedahsyatan tsunami 2004, serta sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat ketika terjadi tsunami.

“Diharapkan dengan adanya museum ini menjadi edukasi bagi kita semua. Pada tahun 2018 silam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh juga sudah pernah meraih Anugerah Pesona Indonesia,” sebut Aminullah.

Sementara itu, untuk Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021 akan digelar di Kabupaten Banyu Asin Palembang Sumatera Selatan pada November mendatang. Banda Aceh disebutkan akan ikutkan PLTD Apung sebagai ikon unik selanjutnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,637FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU