Tuesday, June 18, 2024
spot_img

Maulid Nabi Muhammad SAW, Yayasan Syahamah Aceh Bagi-bagi Makanan ke Pengguna Jalan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Bagi-bagi makanan gratis untuk pengguna jalan dipilih Yayasan Syabab Ahlussunnah Waljama’ah (Syahamah) cabang Aceh memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis (29/10). Kegiatan berbagi makanan dilakukan dalam rangkaian syiar Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1442 H.

Ustaz Fajar dari Yayasan Syahamah menyampaikan, pihaknya kembali menggelar kegiatan Hawajiz Al Mahabbah dengan membagikan makanan ringan, permen, dan minuman kemasan kepada pengguna jalan raya di sejumlah ruas jalan dan tempat umum di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ia menyebut, bagi-bagi makanan gratis kepada pengguna jalan itu sebagai ungkapan rasa syukur pada Allah dan bahagia atas kelahiran Baginda Rasulullah Muhammad SAW, pembawa pelita iman dan Islam karena hal tersebut merupakan anugerah Allah SWT yang paling agung bagi kita umat Islam.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari yayasan Syahamah cabang Aceh yang dilaksanakan serentak di seluruh cabang Syahamah lainnya yang ada di Indonesia. Di Aceh sendiri, Syahamah baru berdiri sekitar empat tahun. Namun tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana pandemi COVID-19 mengharuskan kita tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai bentuk ikhtiar dan tawakkal kita pada Allah,” ujar Fajar dalam keterangan yang diterima acehkitacom, Jumat (30/10).

Ia menjelaskan, Yayasan Syahamah Aceh merupakan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan Islam dan Bahasa Arab yang mengutamakan pendidikan ilmu pokok-pokok akidah serta fikih yang dipimpin oleh DR Muhammad Fajarul Falah.

Maulid Nabi Muhammad SAW, Yayasan Syahamah di Aceh Bagikan Makanan ke Pengguna Jalan
Aksi santri Syahamah Aceh bagikan makanan gratis. (Foto: Dok. Syahamah)

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak masyarakat untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alayhi Wasallam dan menjelaskan tentang akidah Tanzih yaitu mensucikan Allah dari segala sifat keserupaan dengan makhluk-Nya serta menjelaskan bahwasanya Allah SWT ada tanpa butuh kepada tempat dan arah,” sebutnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, kegiatan Hawajiz Al Mahabbah diikuti oleh santriwan-santriwati Syahamah dan jamaah pengajian serta simpatisan lainnya. Peserta yang berpartisipasi tersebar di sembilan posko-posko yang terdapat di Ma’had putra Kajhu, Masjid Raya Baiturrahman, Lapangan Blang Padang, Simpang jam, Bustanussalatin, Simpang lima, , Simpang Jambo Tape, Simpang Lampriet dan Simpang BPKP.

Fajar menambahkan, Yayasan Syahamah akan terus melakukan dakwah untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya menjaga akidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah yang bermanhaj Asy’ariyyah dan Maturidiyyah di bidang akidah dan mengikuti Mazhab Syafi’i di bidang fikih serta bertasawuf mengikuti Imam Juned Al-Baghdady, Imam Ahmad Al-Rifa’i Al-Kabir, Syekh Abdul Qadir Al-Jailany dan para sufi yang hakiki.

Pada akhir rangkaian kegiatan semua peserta dari tiap posko berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman. “Berbeda dari tahun sebelumnya, jumlah pesertanya tidak dibatasi. Khusus untuk tahun ini harus kami batasi pesertanya karena mengikuti anjuran dari pemerintah, kita berharap corona segera berlalu,” ujar Fajar.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU