Friday, December 3, 2021
spot_img

Marquez Pecundangi Rossi di Jerman dengan Motor Rusak

KABAR terbaru datang dari Marc Marquez. Pebalap Repsol Honda itu meraih kemenangan MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Ahad (17/7/2016), lalu  ternyata mengendarai motor rusak pada fase kedua lomba!

Tak sampai tiga jam sebelum lomba, motor RC213V yang dipakai Marquez untuk memenangi balapan rusak parah akibatcrash pada sesi pemanasan. Si Bayi Alien kehilangan kontrol pada tikungan 8 dan terjatuh. Motornya lantas terguling beberapa kali di gravel trap hingga hancur.

Marquez tak cedera dan masih bisa melanjutkan sesi pemanasan. Rider asal Spanyol itu memakai motor kedua untuk menyelesaikan lap terakhirnya sekaligus mendapatkan feeling dengan kuda besi tersebut.

Motor Marquez yang rusak parah tiba di garasi tim Repsol Honda tepat pada saat sesi pemanasan berakhir. Para mekanik tak membuang waktu dan langsung memperbaiki motor tersebut agar bisa digunakan saat lomba.

Perbaikan selesai tepat waktu. Motor Marquez sudah siap digunakan hanya beberapa menit sebelum lomba dimulai.

“Berdasarkan estimasi saya, perbaikan motor memakan waktu tak kurang dari dua jam,” kata kepala kru Marquez, Santi Hernandez, kepada motorsport.com.

Saat pitlane dibuka, Marquez langsung menjajal motor tersebut dan menyelesaikan satu lap guna memastikan tak ada masalah. Pebalap berusia 23 tahun itu lalu balik ke pit dan kembali ke trek dengan memakai motor kedua yang digunakan untuk fase pertama lomba.

Balapan MotoGP Jerman memakai formatflag-to-flag karena kondisi trek yang basah akibat hujan. Artinya, pebalap bisa masuk pit untuk mengganti motor dan ban jika trek mulai mengering.

Pada pertengahan lomba, tepatnya di lap ke-17, Marquez sempat keluar trek. Namun, berkat pengalaman beraksi di dirt track, dia tak terjatuh di gravel dan bisa melanjutkan lomba. Kejadian itu, ditambah kondisi trek yang mulai mengering di beberapa titik, membuat Marquez memilih melakukan perjudian strategi. Dia mengganti motor lebih awal ketimbang pebalap lain yang ada di depan, termasuk Valentino Rossi.

Apa yang dilakukan Marquez terbilang berani. Selain memakai ban slick (kering) meski trek belum sepenuhnya kering, dia juga mesti merampungkan balapan yang tersisa 13 lap lagi dengan motor yang beberapa jam sebelumnya masih rusak parah.

Peluang motor kembali rusak karena batu yang terperangkap di mesin dan menyebabkan mesin jebol masih ada. Namun, skenario terburuk itu tak terjadi dan Marquez mampu meraih salah satu kemenangan terbaiknya sepanjang karier.

“Apa yang tim Marc Marquez lakukan sangat mengagumkan. Mereka mampu memperbaiki motor yang rusak saat warm up dalam waktu yang sangat cepat,” ujar Team Principal Repsol Honda, Livio Suppo.

Berkat kombinasi strategi sempurna dan kehebatan tim mekanik, Marc Marquez sukses menjauh dari kejaran dua rival terdekatnya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, di klasemen sementara. Marquez kini unggul 48 poin atas Lorenzo dan 59 angka di depan Rossi. Lorenzo dan Rossi tampil buruk pada MotoGP Jerman. Rossi hanya finis di posisi kedelapan, sedangkan Lorenzo lebih parah lagi, yakni di peringkat ke-15. []

BOLA.COM

Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,969FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU