Monday, November 28, 2022
spot_img

Kunjungi Pemeran Batu Nisan Aceh di Museum

ACEHKITA.COM | BANDA ACEH – Pameran batu nisan peninggalan peradaban Aceh masa lalu dipamerkan di Museum Aceh. Pameran yang dibuka pada 9 Mei lalu akan berakhir besok, Jumat 12 Mei 2017.

Pameran temporer untuk mengenalkan batu-batu nisan Aceh masa lalu, sebagai bukti peradaban Islam di Asia Tenggara. Ada puluhan batu nisan dari bekas kerajaan Lamuri, Samudera Pasai dan Aceh Darussalam yang dipajang di sana. “Juga ada foto-foto yang diambil dari lokasi batu-batu nisan yang tersebar di seluruh Aceh,” kata Junaidah, Kepala Museum Aceh.

Saat membuka pameran, Sekretaris daerah Aceh, Dermawan mengatakan nisan kuno dapat dijumpai ribuan di seluruh Aceh. Sebagian diamankan di museum. “Ini akan didaftarkan ke UNESCO, agar mendapat pengakuan sebagai warisan dunia,” katanya.

Syafrizal Hidayat, pemerhati nisan kuno Aceh dari Mapesa mengatakan salah satu batu yang dipamerkan adalah milik Wazir Abdoel Muluk dari abad ke 16. Beliau wafat pada 1588 Masehi, sesuai enskripsi dari nisan, juga ada ayat kursi yang terpahat indah di sana.

“Ada juga batu nisan dari kerajaan Lamuri yang di dalamnya tertulis pesan bahwa kehidupan di dunia hanya sesaat. Sarat makna,” jelas Syafrizal. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,638FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU