Saturday, June 22, 2024
spot_img

Korban Gempa Masih Didata

MEUREUDU | ACEHKITA.COM – Dua hari jelang habisnya masa tanggap darurat, Dinas Sosial Aceh masih terus melakukan pendataan korban musibah Gempa Bumi yang melanda Pidie Jaya dan sekitarnya. Sesuai ketetapan Plt Gubernur Aceh, masa tanggap darurat berakhir pada 20 Desember 2016.

Kadis Sosial Aceh, Alhudri mengatakan saat ini timnya masih terus melengkapi data by name by address lengkap dengan foto dan kondisi rumah warga yang rusak. “Data valid tersebut sebagai bahan internal pihaknya untuk menyalurkan bantuan agar tepat sasaran,” katanya.

Selain itu, data yang dihimpun tersebut juga dapat menjadi bahan pembanding dari data yang dihimpun instansi lain. “Untuk data resmi (yang dikeluarkan nanti) tetap satu.”

Sementara Ketua Komisi VI DPRA, Iskandar Daod saat mengunjungi Pidie Jaya, Sabtu 17 Desember 2016, mengatakan penting dalam penanganan bencana memiliki data yang valid. “Data yang valid perlu agar penyaluran bantuan dapat tepat sasaran. Akan jadi persoalan jika data tidak akurat, terutama saat rehab dan rekon,” katanya

Iskandar menyebutkan data yang valid selain diperlukan untuk menjamin warga yang tertimpa musibah mendapatkan manfaat atau bantuan, juga untuk menghindari persoalan hukum.

Harapannya, pendataan berlangsung fair, jangan ada yang dilebihkan apalagi fiktif. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU