Wednesday, October 27, 2021
spot_img

Jumlah Pasien Covid-19 Meninggal di Aceh Tembus 596 Orang

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 15 orang pasien positif Covid-19 di Aceh dilaporkan meninggal dunia dalam sehari pada Senin (31/5/2021) kemarin. Jumlah tersebut merupakan penambahan kasus meninggal dunia harian tertinggi sejak awal pandemi dilaporkan di Aceh pada 26 Maret 2020.

Sementara itu, kasus baru positif Covid-19 di Aceh bertambah 116 orang dalam 24 jam terakhir. Berikutnya pasien sembuh juga meningkat dengan tambahan sebanyak 132 orang.

“Kami mencatat kasus meninggal harian tertinggi yang pernah dilaporkan selama pandemi Covid-19 di Aceh,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, Senin malam.

Jubir yang akrab disapa dengan panggilan SAG itu mengatakan, sejak virus corona menyasar penduduk Aceh akhir Maret 2020, kasus harian tertinggi yang pernah dilaporkan 12 orang, dan dilaporkan dua kali yakni pada 17 September dan 28 September 2020.

“Lima belas orang yang dilaporkan kali ini terdiri dari sembilan laki-laki dan enam perempuan. Almarhum dan almarhumah tersebut meliputi warga Banda Aceh sebanyak enam orang, warga Aceh Tamiang, Aceh Besar dan Nagan Raya masing-masing dua orang. Kemudian masing-masing satu orang warga Langsa, Sabang, dan Aceh Singkil,” sebutnya.

SAG menjelaskan, dari kategori usia, korban meninggal dunia akibat virus corona tersebut termasuk kelompok risiko tinggi, dengan umur rata-rata 50 tahun ke atas. Pada usia di atas 50 tahun, secara fisik sudah tak sekuat anak-anak muda, apalagi memiliki penyakit penyerta.

“Kasus meninggal dunia yang mencapai 15 orang tersebut lagi-lagi menjadi pembelajaran bagi kita untuk lebih disiplin menjalankan protokol Kesehatan. Perlu ada kesadaran di kalangan anak-anak muda yang cenderung abai pada protokol Kesehatan, bahwa di rumahnya di lingkungannya ada banyak orang tua yang memiliki risiko sangat tinggi meninggal dunia apabila terinfeksi virus corona,” kata SAG.

“Terapkan protokol kesehatan sekarang juga untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang rentan di sekitar kita,” lanjutnya.

Total Kasus Corona 15.017

Lebih lanjut, SAG menyampaikan, secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh per 31 Mei 2021 telah mencapai 15.017 kasus/orang. Rinciannya, pasien yang sudah sembuh sebanyak 11.770 orang. Penderita yang sedang dirawat (kasus aktif) 2.651 orang, dan kasus meninggal dunia sudah mencapai 596 orang.

“Angka tersebut termasuk penambahan kasus konfirmasi baru 116 orang dalam 24 jam terakhir, sembuh 132 orang, dan 15 orang meninggal dunia,” sebutnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,864FollowersFollow
22,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU