Monday, June 24, 2024
spot_img

Hindari Pembayaran Pinjaman Tersendat dengan Cara Ini

SEMUA dari kita pasti setuju bahwa utang sering kali bikin pusing. Sebenarnya bukan utangnya yang bikin pusing tetapi nominalnya. Jika nominalnya berlebihan tentu membuat Anda stres sendiri, bukan? Apalagi kalau ternyata tidak mampu membayar cicilannya.

Maka dari itu, penting bagi calon debitur tahu cara menghindari pinjaman dana Anda tersendat. Meminjam tidaklah salah namun yang harus Anda perhatikan adalah apakah Anda mampu mencicil dengan tepat waktu?

Tips Menghindari Kredit Macet

Nah, bagi Anda yang ingin meminjam uang tunai, mari pertimbangkan hal-hal penting berikut ini.

  1. Sebisa mungkin pinjam untuk kebutuhan produktif

Pertama yang bisa Anda pikirkan adalah tujuan pinjaman. Sebisa mungkin, jika memang tidak benar-benar dibutuhkan, pinjamlah untuk kebutuhan produktif. Dengan begitu, Anda tidak perlu bayar cicilan dari gaji Anda selama ini, melainkan dari hasil penggunaan uang pinjaman tersebut. Memang pinjaman untuk kebutuhan konsumtif tidaklah salah. Akan tetapi, prioritaskan kebutuhan paling urgen!

  1. Pinjaman sesuai kemampuan Anda

Penting untuk Anda ingat bahwa proses persetujuan kredit Anda tentu melibatkan analis bank. Mereka akan lihat seberapa kemampuan Anda, melalui histori penghasilan Anda. Jika pinjaman yang Anda ajukan ternyata tidak sesuai kemampuan, tentu saja aplikasi akan terhenti. Oleh karena itu, pastikan pengajuan nominal kredit tidak melebihi 5 kali gaji per bulan. Aplikasi disetujui, Anda pun tidak berat membayar setiap bulannya!

  1. Jangan tunda membayar cicilan pembayaran

Utang adalah utang. Kemalasan sesaat untuk bayar utang memang kadang memberatkan. Tidak dipungkiri. Tetapi, ingatlah, tanggung jawab untuk membayar utang yang sudah Anda ‘tanda tangani’ di awal kontrak kredit Anda. Toh uang yang Anda pinjam berguna, bukan? Jadi, jangan malas dong ah! Kemalasan sesaat untuk membayar cicilan utang bisa jadi kebiasaan ke depannya. Pepatah “sedikit demi sedikit jadi bukit” berlaku untuk kasus ini. Sedikit demi sedikit Anda menunda pembayaran tentu akan semakin ‘terasa’ berat utang Anda tersebut. Jadi, ada baiknya untuk tidak menggunakan dana yang seharusnya digunakan untuk cicilan – tidak ditahan untuk kebutuhan lain.

Sebagai informasi bagi Anda calon debitur, catatan kredit Anda akan direkam oleh Sistem Informasi Debitur yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Ketika Anda pernah terekam terkena kredit macet maka bahayanya adalah sulit untuk memperoleh pinjaman selanjutnya. Akan tetapi jika Anda jadi debitur yang baik, pengajuan pinjaman berikutnya akan lebih mudah!

Pilih Produk Pinjaman yang Tepat

Bagi Anda yang masih bingung memilih pinjaman yang tepat untuk Anda, sila gunakan mesin perbandingan yang dimiliki oleh CekAja.com. Di sana Anda bisa membandingkan produk finansial yang tepat untuk kebutuhan. Pilih produk pinjaman uang tanpa jaminan, kartu kredit dan produk-produk lainnya dan bandingkan antara satu bank dengan bank lainnya. Pinjaman tanpa jaminan atau lebih populer dengan sebutan KTA (Kredit Tanpa Jaminan) sendiri menawarkan bunga yang cukup kompetitif dengan jangka waktu yang fleksibel. Keunggulan tersebut dapat Anda pertimbangkan ketika membutuhkan dana segar dalam waktu segera.

Jangan sungkan pula untuk menghubungi customer service CekAja karena akan disambungkan kepada ahlinya. Anda bisa berkonsultasi mengenai produk finansial yang sesuai. Selain membandingkan yang terbaik untuk Anda, melalui CekAja, Anda bisa mengajukan aplikasi produk yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu keluar rumah dan membandingkan satu per satu bank yang ada. Proses aplikasi akan dilakukan dan dana yang Anda butuhkan segera dikirimkan ke rekening Anda. Mudah, bukan?

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU