Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Hari Ini Bertambah 11, Kasus Aktif COVID-19 di Aceh Jadi 973

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Aceh bertambah lagi sebanyak 11 orang pada Kamis (21/1). Dengan demikian, kasus aktif atau pasien corona yang saat ini dirawat atau isolasi mandiri menjadi 973 orang.

“Laporan yang kami terima dari seluruh Aceh ditemukan 11 penderita baru, tidak ada penderita yang dilaporkan sembuh maupun yang meninggal dunia,” ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Kamis malam.

Jubir yang akrab disapa SAG itu menjelaskan, 18 penderita baru yang terdeteksi positif terinfeksi virus corona, meliputi warga Kota Lhokseumawe sebanyak enam orang, warga Aceh Timur tiga orang, warga Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Tenggara, sama-sama satu orang.

Ia menyebut, tim surveilans Satgas COVID-19 Kota Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Barat, dan Aceh Tenggara hendaknya melakukan tracing secara agresif untuk menemukan kontak dekat para penderita baru tersebut.

“Setiap satu orang yang positif COVID-19, terdapat 10–30 orang kotak eratnya yang harus diambil swab nasofaring dan orofaringnya dan diperiksa di laboratorium RT-PCR. Hasil pemeriksaan tersebut akan memberikan kepastian status kesehatan para kontak erat tersebut,” jelas SAG.

Menurutnya, mengetahui kepastian status kesehatan itu sangat penting dalam mengambil sikap selanjutnya. Bagi yang tidak terinfeksi dengan virus corona dapat melanjutkan kehidupan sehari-hari seperti biasa. Sebaliknya, yang terinfeksi tapi tanpa gejala segera melakukan isolasi mandiri di bawah pemantauan petugas kesehatan.

“Hasil pemeriksaan dapat memberikan rasa nyaman dan aman. Bagi yang tidak terinfeksi akan hilang rasa was-wasnya, dan yang terinfeksi dipantau oleh petugas kesehatan, dapat melindungi keluarga, dan juga orang terdekatnya,” sebutnya.

Update Data Kasus Corona di Aceh

Selanjutnya, SAG menyampaikan, jumlah akumulasi kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 9.100 orang, terhitung sejak kasus positif pertama diumumkan pada 26 Maret 2020.

Ia menjelaskan, dari total jumlah tersebut, masih ada 973 kasus aktif atau pasien yang saat ini dirawat. Sedangkan 7.753 orang sudah sembuh, dan 374 orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah, tidak ada laporan korban meninggal dunia bertambah di Aceh,” ujar SAG.

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,058FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU