Saturday, February 4, 2023
spot_img

Gempa Lombok: Belum Semua Pengungsi Menerima Bantuan

LOMBOK | ACEHKITA.COM — Pascagempabumi 7 SR mengguncang Lombok, NTB, pada Minggu (5/8) lalu, bantuan terus mengalir berdatangan, baik relawan, logistik dan peralatan. Ratusan NGO dan organisasi masyarakat juga mendirikan pos pelayanan. Namun hingga H+5, belum semua pengungsi menerima bantuan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lewat akun twitternya pada Sabtu (11/8) pagi. “Belum semua pengungsi menerima bantuan hingga H+5 (10/8/2018). Silakan jika masyarakat ingin membantu korban bencana gempa Lombok,” tulisnya.

Pada tweetnya itu, Sutopo juga menyertakan sejumlah kebutuhan logistik yang mendesak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan puluhan ribu pengungsi per kecamatan di Kabupaten Lombok Utara. Di antaranya disebutkan tenda, selimut, makanan siap saji, beras, susu, MCK portable, air minum/air bersih, tandon air, indomie, pakaian, terpal/alas tidur, dan alat penerang/listrik.

“Untuk bantuan yang datang segera didistribusikan ke tempat-tempat pengungsian. Distribusi logistik dilakukan dengan melibatkan aparat pemerintah kecamatan dan desa untuk menyalurkan ke masyarakat. Dapur umum dan dapur lapangan banyak yang didirikan,” sebutnya dalam keterangan resmi, sehari sebelumnya.

Di setiap kabupaten, dijelaskan, Camat diminta untuk mengambil logistik ke Posko kemudian lurah atau kepala desa mengambil di kecamatan sesuai dengan jumlah penduduk yang mengungsi atau memerlukan. “Jadi distribusi ada yang disalurkan dari posko dan dapur umum, juga bantuan dari aparat desa untuk menyalurkan bantuan,” ujarnya.

Sutopo menambahkan, untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat di Jabodetabek dapat disalurkan ke Posko Bantuan TNI di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Gedung Suma 3 VIP Room. Bantuan akan diangkut dengan pesawat Hercules TNI ke Lombok. Nomor kontak Posko Bantuan TNI 0812 6790 682, 0812 3161 1998 dan 0818 7264 089. Atau dapat disalurkan ke lembaga-lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Lebih lanjut, disebutkan, untuk masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut melalui Call Center Posko Tanggap Darurat Pulau Lombok denga nomor 0853 3863 9789 dan 0859 6147 2837. Sementara itu Call Center Pospenas (Pos Pendampingan Nasional BNPB) melalui 0853 3365 6353.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,719FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU