Wednesday, November 30, 2022
spot_img

Fidel Castro Meninggal Dunia

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pemimpin Revolusioner Kuba, Fidel Castro, meninggal dunia, Jumat (26/11/2016), di Havana, ibu kota negera tersebut. Fidel yang oleh majalah TIME dimasukkan sebagai salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh di dunia meninggal dalam usia 90 tahun.

“Panglima tertinggi revolusi Kuba meninggal dunia pada pukul 22.29 malam ini (Jumat),” ujar Presiden Kuba, Raul Castro seperti dilansir kantor berita AFP.

Fidel Castro dikenal sebagai pemimpin terlama di negera Amerika Latin tersebut. Ia memimpin hingga 5 dekade lamanya. Sejak melepaskan jabatan kepada sang adik, Raul Castro, Fidel sangat jarang menampakkan dirinya ke publik. Ia hanya sesekali terlihat dan dalam keadaan membungkuk saat berjalan.

Karir politik penguasa negara ke tiga terlama di dunia ini tidak mudah. Ia mengaku banyak mendapatkan ancaman pembunuhan. Dalam pengakuannya, ia menyebutkan, selamat dari 634 kali percobaan pembunuhan. Hampir semuanya dialakukan oleh organisi Amerika Serikat seperti Central Intelllegence Agency (CIA).

Oleh Dewan PBB, Fidel dicatat sebagai pemimpin yang menyampaikan pidato terlama. Di hadapan PBB ia pernah berpidato selama empat jam dan 29 menit pada 26 September 1960 lalu. Sementara saat terpilih menjadi Presiden Kuba di tahun 1989, Fidel menyampaikan pidato hingga tujuh jam lebih.

Fidel Castro dikenal dengan Presiden Indonesia pertama, Soekarno. Saat Bung Karno terbang ke Kuba di tahun 1960, Fidel langsung menyambutnya dari bandara di Havana. Ribuan masyarakat bahkan ikut mendampingi kedua pemimpin revolusioner itu.

Situs CNN melansir, kedua pecinta cerutu itu punya pemikiran revolusioner yang sama. Mereka “sama-sama ingin memajukan negara, menyejahterakan rakyat, dan ‘membenci’ negara-negara pelaku kapitalis seperti Amerika,” tulis CNN.

Dalam pertemuan dengan Fidel tersebut, Soekarno membahas konsep Marhaenisme yang dipegangnya dan berbagi saran bagaimana membuat negara lebih mandiri. “Tidak sedikit yang menyebut Soekarno sebagai ‘guru’ Castro. Sahabat paling baik,” tulis CNN lagi.

Persahabatan ke duanya dibuktikan dengan dikeluarkannya pranko esklusif terbatas bergambar Soekarno-Castro, saat mantan Presiden Kuba itu merayakan ulang tahunnya yang ke 80 lalu. []

MH | CNN | AFP | dbs

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,637FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU