Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Dayah Ruhul Qur’ani Meulaboh Bakal Terima Santri Perdana, Cek Infonya di Sini!

MEULABOH | ACEHKITA.COM – Dayah Ruhul Qur’ani Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mulai tahun ini akan menerima santri baru perdana tahun ajaran 2023-2024 untuk tingkat Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah (MA dan MTs).

Pimpinan Dayah Ustaz Kamil Syafruddin Lc mengatakan, penerimaan santri baru dibuka melalui jalur prestasi dan reguler. Jalur prestasi akan dilaksanakan pada awal November dan selanjutnya jalur reguler melalui tes kompetensi masuk yang dilaksanakan di Dayah Ruhul Qur’ani. Info terkini akan diupdate secara rutin di Instagram ruhul_qurani.

Dayah ini dibangun oleh Haji Tito melalui Yayasan Tibers (Tito Bersaudara ) Meulaboh sebagai bentuk ikhtiar memajukan pendidikan Islam di Aceh, khususnya untuk mendidik generasi muda yang berakhlak mulia, cakap dalam ilmu agama, sains, astronomi, kitab turats, hifz Al-Qur’an dan mampu berbahasa asing.

Dayah yang beralamat di Ujong Beurasok Gampong Leuhan didesain secara khusus dengan berbagai program unggulan dan menerapkan kurikulum pendidikan nasional, pondok modern dan pondok pesantren salafi dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah.

Di antara program unggulan dayah tersebut adalah pendidikan Al-Qur’an baik tahfidz maupun tahsin yang bersanad sampai ke Rasulullah SAW, pembelajaran kitab turats, konsentrasi ilmu falak dan peningkatan kemampuan berbahasa asing bagi santri.

Kamil Syafruddin menjelaskan, santri Dayah Ruhul Qur’ani tidak hanya diajarkan kitab kuning, namun juga dituntut dapat menguasai bahasa Arab dan Inggris, hafal Al Qur’an 30 juz, sains dan berbagai cabang keilmuan lainnya.

“Untuk tenaga pendidik atau guru yang mengajar mereka lulusan S1, S2 dan S3 dari berbagai universitas ternama dalam negeri maupun luar negeri, alumni dayah serta pengasuh tahfiz Al Qur’an yang memiliki sanad hingga Rasulullah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/8/2022).

Ia mengatakan, dayah ini berdiri di lahan seluas 6 hektare. Untuk tahun ini Dayah Ruhul Qur’ani hanya menerima 240 santri baru dengan rincian 120 santri tingkat MTs dan 120 tingkat MA.

“Kita menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para santri seperti asrama dua lantai dengan fasilitas AC, mesjid, ruang makan dengan sistem hidang, Aula Serba guna, pustaka, klinik, laboratorium bahasa, IPA, komputer, lapangan indoor dan outdoor serta dua puluh empat ruang kelas,” sebutnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,617FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU