Cegah Covid-19, Polda Aceh Sosialisasi Protokol Kesehatan ke Pengelola Pasar

0
154
Foto: Polda Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Aceh, menggelar sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 kepada komunitas pengelola pasar tradisional, dan modern di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Kegiatan berlangsung di Warkop Zakir, Banda Aceh, Selasa (6/10/2020).

Dirbinmas Polda Aceh, Kombes Pol. Muhammad Muslim Siregar, menyampaikan sejumlah arahan terkait protokol kesehatan kepada pengelola pasar tersebut di antaranya. “Lokasi pasar sangat rentan penyebaran Covid-19 dikarenakan tempat berkumpulnya masyarakat dari beberapa daerah dalam Provinsi Aceh secara rutin setiap harinya,” katanya.

Dia meminta komunitas pengelola pasar agar berupaya mensosialisasikan secara terus menerus penerapan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) kepada pedagang dan pembeli. “Pengelola pasar dapat mendukung tugas Polri, dengan membentuk petugas khusus untuk penegakan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi Pasar,” kata Kombes Muslim.

Sosialisasi dapat dilakukan dengan mengingatkan pedagang dan pembeli melalui sarana pengeras suara yang dimiliki pihak pengelola pasar, juga membuat himbauan tertulis di beberapa tempat yang mudah terlihat oleh pengguna pasar.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, para pengelola pasar ikut menyampaikan beberapa saran di antaranya; meminta polisi lebih sering melakukan sosialisasi ke lokasi pasar, karena masih banyak masyarakat yang belum peduli dengan Covid-19, terutama di pasar tradisional.

“Karena masyarakat lebih mendengar penyampaian sosialisasi pencegahan Covid-19, jika dilakukan Kepolisian,” sebut salah seorang pengelola pasar di Banda Aceh. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.