Friday, January 27, 2023
spot_img

BNNK Banda Aceh: Kerugian Ekonomi Karena Narkoba di Aceh Capai Rp1,5 Triliun

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Kota Banda Aceh, Hasnada Putra, mengungkapkan kerugian ekonomi yang disebabkan oleh narkoba di Provinsi Aceh mencapai Rp 1,5 triliun per tahun.

“Estimasi kerugiannya mencapai Rp 1,5 T di Aceh dalam setahun, itu data tahun 2017. Untuk data Indonesia kerugian mencapai Rp. 84,7 T. Sangat besar kehancurannya,” kata Hasnanda di sela-sela razia narkoba siswa-siswi SMA 1 Banda Aceh, Kamis 1 November 2018.

Lebih lanjut, Hasnanda menyebutkan, narkoba juga menyebabkan pecandunya meninggal 20 sampai 40 orang setiap harinya.

Data 2017, pecandu di Aceh mencapai 63.032 orang dengan mayoritas usia di kisaran 30 tahun.

“Untuk kota Banda Aceh belum kita temukan data pasti, nanti kami akan lakukan survey,” sebutnya.

Kepala BNN Kota Banda Aceh juga manyampaikan apresiasi kepada Wali Kota yang memang memiliki komitmen yang kuat memberantas narkoba di Banda Aceh.

“Saya pikir Pak Wali sebagai seorang ekonom sangat paham kehancuran dari sisi ekonomi. Beliau menginginkan adanya pusat rehab dibangun di Banda Aceh. Tahun 2019 rencananya akan dibangun, mari sama-sama kita mendukung,” ajak Hasnanda.

Dalam siaran pers Humas Pemko Banda Aceh disebutkan, BNN Kota Banda Aceh bersama Wali Kota Aminullah Usman dan rombongan melakukan razia narkoba ke SMA 1 Banda Aceh di kawasan Blang Padang. Semua tas siswa diperiksa namun tidak ditemukan adanya narkoba.

“Ahamdulillah, tidak satupun dari tas kalian ditemukan narkoba,” kata Wali Kota Banda Aceh.

Kepada siswa SMA 1 Banda Aceh, Aminullah Usman menyatakan, narkoba sangat berbahaya karena akan merusak diri dan juga merusak masa depan.

“Dampaknya sangat parah, bukan hanya menghacurkan diri dan masa depan tapi juga menghancurkan perekonomian,” sebutnya.

Karenanya, Wali Kota menyatakan, narkoba harus diperangi dan diberantas di Kota Banda Aceh. Dia menyebutkan, dirinya tidak ingin masa depan generasi muda di Banda Aceh akan hancur hanya karena narkoba.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,711FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU