Bertambah 67, Kasus Positif Corona di Aceh Capai 4.992

0
150
Petugas pemulasaran RSUDZA Banda Aceh membawa peti jenazah dokter yang meninggal karena COVID-19 untuk dimakamkan, Selasa 29 September 2020. (Foto: Ucok Parta/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM-Kasus positif corona di Aceh bertambah 67 orang pada Minggu (4/10/2020). Dengan demikian, total kasus COVID-19 di Tanoh Rencong saat ini sudah mencapai 4.992. Dari jumlah ini, 1.786 orang di antaranya masih dalam perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri. Sedangkan 3.012 orang sudah dinyatakan sembuh dan 194 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan  selain kasus positif, pada hari ini juga bertambah pasien sembuh 45 orang dan 6 orang meninggal dunia.

Menurutnya, dari 1.786 kasus aktif di Aceh, hanya 287 orang yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) provinsi dan kabupaten/kota. Rinciannya 32 orang di Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dan 255 orang di ruangan Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-emerging (Pinere) RSUD provinsi dan kabupaten/kota.

“Penderita Covid-19 dengan gejala ringan atau sedang bisa dirawat di RSUD kabupaten/kota. Sedangkan penderita dengan gejala berat dan komorbid dirujuk ke rumah sakit rujukan yang sesuai, berdasarkan pertimbangan dokter ahli,” tutur Saifullah, dalam keterangan tertulis.

Ia mengatakan jumlah penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh hari ini sebanyak 45 orang meliputi warga Kota Banda Aceh 21 orang, Nagan Raya 11 orang, Aceh Selatan dan Bireuen, masing-masing 4 orang. Kemudian, warga Aceh Tamiang 3 orang, dan warga Sabang 2 orang.

Saifullah juga merinci kasus positif baru hari ini 67 orang meliputi warga Kota Langsa sebanyak 23 orang, Bireuen 16 orang, Aceh Tamiang 8 orang, Banda Aceh 6 orang, dan Aceh Besar 5 orang. Sementara warga Aceh Selatan dan Lhokseumawe sam-sama 2 orang. Warga Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Tenggara, dan Pidie Jaya masing-masiang 1 orang. Sisanya, 1 orang dari luar daerah.

“Korban virus corona yang meninggal dunia bertambah lagi 6 orang, yakni warga Aceh Besar dan Lhokseumawe masing-masing 2 orang, serta warga Banda Aceh dan Aceh Selatan sama-sama 1 orang,” ujarnya.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.