Thursday, December 2, 2021
spot_img

Bendera GAM Sempat Berkibar di Mess Wali

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Peringatan hari lahirnya Gerakan Aceh Merdeka dimanfaatkan untuk mengibarkan bendera kebesaran organisasi itu. Sejumlah mantan kombatan yang tergabung dalam Komite Peralihan Aceh sempat mengibarkan bendera bulan bintang di mess lama Wali Nanggroe di kawasan Lamteumen Timur, Banda Aceh, Kamis (3/12/2015).

Pengibaran itu dilakukan sehari menjelang peringatan deklarasi GAM pada 4 Desember. 39 tahun lalu, Hasan Muhammad di Tiro memproklamirkan kemerdekaan Aceh di Gunong Halimon, Pidie. Tanggal itu menjadi tonggak penting perlawanan Aceh terhadap Jakarta selama 32 tahun lamanya. Aceh dan Jakarta baru akur kembali setelah kedua belah pihak meneken pakta perdamaian di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005 lalu.

Pascadamai, bendera GAM itu menjadi kontroversi. Pasalnya, DPRA mengesahkan bendera itu menjadi bendera resmi Provinsi Aceh. Namun, Jakarta menolaknya. Akibatnya, hingga kini bendera Aceh belum bisa dikibarkan secara resmi.

Bendera itu tak lama berkibar di messs Wali Nanggroe. Pasalnya, aparat kepolisian meminta agar anggota KPA menurunkan bendera bulan bintang yang sudah kadung dinaikkan itu.

Pantauan acehkita.com, bendera sempat berkibar dari pukul 10.15 WIB hingga 11.00 WIB.

Penurunan bendera bulan bintang dilakukan melalui sebuah prosesi upacara oleh anggota KPA –layaknya prosesi pengibaran bendera pusaka lainnya.

“Bendera dikibarkan untuk mengenang dan mendoakan para syuhada dalam peperangan,” kata Rizal, seorang anggota KPA. “Ini juga untuk memperingati wafatnya Teungku Syik Maad Muda di Tiro (wali nanggroe ketujuh di kalangan GAM –red.).”

Muspida Aceh mengeluarkan imbauan agar masyarakat tidak mengibarkan bendera bulan bintang pada peringatan 4 Desember. “Mualem (panggilan untuk Wagub Muzakir Manaf –red.) sudah memberikan seruan di media agar tidak mengibarkan bendera bintang bulan,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Jaya Baru AKP Salamuddin. []

SABARUN

Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,962FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU