BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Aksi penipuan melalui telepon yang mengatasnamakan kepala desa mulai meresahkan warga. Pelaku mengaku kepala desa dan meminta calon korbannya membawa fotokopi KTP dan kartu keluarga untuk diantar ke rumah kepala desa dengan alasan sangat penting. Ujung-ujungnya pelaku meminta dikirimkan pulsa.

Untuk meyakinkan korbannya, pelaku menelepon berkali-kali memaksa korban segera mengantar fotokopi KTP dan KK.

Pelaku selanjutnya meminta korban membali amplop satu kotak dengan dalih akan mengantikan uang pembalian tersebut saat korban sampai di rumah kepala desa.

Tak sampai di situ, pelaku juga meminta korban mengisi pulsa ke nomor pelaku.

Hendra, salah seorangĀ  warga Banda Aceh mengaku nyaris menjadi korban penipuan. Hendra sebelumnya mendapatkan kabar dari adiknya. Seseorang yang mengaku kepala desa tempatnya tinggal meminta mengirimkan nomor abangnya kepada kepala desa dengan alasan penting.

Tak lama berselang, seseorang yang mengaku kepala desa menelepon korban. Pelaku memintanya untuk membawa fotokopi KTP dan kartu keluarga ke rumah kepala desa.

“Nada pembicaraannya sangat sopan namun terburu-buru. Seakan-akan ada masalah penting pada Jumat malam (26/12),” kata Hendra.

Pelaku terus menelpon korban untuk memastikan korban sudah mengantar atau belum fotokopi KTP dan KK. Tak berselang lama pelaku meminta korban membelikan satu kotak amplop dan meminta korban mengisi pulsa Rp50.000.

“Pelaku minta saya belikan satu kotak amplop. Tak lama setelah itu, pelaku juga meminta saya mengisi pulsa untuknya. Katanya uangnya akan diganti setelah saya sampai dirumahnya” jelasnya.

Korban yang mulai curiga akhirnya hanya mengiyakan saja permintaan korban dan tidak menggubris permintaan korban.

“Saya langsung curiga saat dia minta belikan amplop dan meminta mengisi pulsa. Ya mudah-mudahan kasua ini tidak terjadi pada orang lain,” harapnya.

Dalam menjalankan aksinya pelaku yang menggunakan bahasa Aceh menggunakan nomor 081217441712 dan 081232212649.kedua nomor ini sampai Sabtu siang (27/12) masih aktif. []

RINA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.