Saturday, February 4, 2023
spot_img

Achmad Marzuki Resmi Dilantik Sebagai Penjabat Gubernur Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Mayor Jenderal (Purn) Achmad Marzuki resmi dilantik sebagai penjabat Gubernur Aceh di gedung utama Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Rabu (6/7/2022) pagi. Ia akan menjabat setahun ke depan.

Prosesi pelantikan Achmad Marzuki dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan pengucapan sumpah jabatan yang dipandu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. “Dengan masa jabatan satu tahun,” kata Tito.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan serah terima jabatan dari Nova Iriansyah ke Achmad Marzuki. Penjabat Gubernur Aceh tersebut kemudian dipeusijuek oleh pemimpin Majelis Adat Aceh.

Penunjukan penjabat karena masa tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah periode 2017-2022 berakhir. Penjabat mengisi kekosongan jabatan sebelum pemilihan kepala daerah pada 2024.

Adapun Nova Iriansyah menjadi Gubernur Aceh setelah dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Kamis (5/11/2020) di Banda Aceh. Ia naik jabatan dari wakil gubernur menggantikan Irwandi Yusuf yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi pada 2018.

Nova sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas Gubernur Aceh sejak 2018. Pasangan Irwandi dan Nova terpilih dalam pemilihan kepala daerah Aceh pada 2017. [] acehkini

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,719FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU