Tuesday, April 30, 2024
spot_img

Covid-19 di Aceh Hari Ini: 30 Kasus Positif Baru, 10 Sembuh, 2 Meninggal

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Angka kasus positif Covid-19 di Aceh bertambah sebanyak 30 kasus baru pada hari ini, Rabu (23/12). Sementara jumlah pasien yang dilaporkan sembuh dari corona bertambah 10 orang, dan kasus meninggal bertambah 2 dalam 24 jam terakhir.

“Kasus baru konfirmasi positif Covid-19 yang dilaporkan lebih banyak daripada jumlah penderita yang sembuh, dan ini perlu mendapat perhatian kita semua,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, kepada awak media, Rabu malam.

Menurut jubir yang akrab disapa SAG itu, upaya-upaya menangkal penyebaran virus corona harus terus dilakukan baik oleh pemerintah daerah melalui Satgas Penanganan Covid-19, instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat sendiri. Kita tidak ingin kasus Covid-19 yang mulai menurun di Aceh melonjak lagi secara tajam seperti di daerah lain.

Karena itu, lanjutnya, Satgas Covid-19 kabupaten/kota perlu lebih gencar melakukan penelusuran orang-orang kontak erat penderita baru Covid-19 tersebut melalui tracing agresif. Semakin cepat menemukan kontak erat yang terinfeksi akan semakin kecil risiko penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat, katanya.

“Setiap satu orang terdeteksi positif Covid-19 di Aceh, biasanya ditemukan empat atau lima penderita baru dari hasil tracing kontak eratnya,” kata SAG.

“Setiap orang yang merasa kontak erat dengan seseorang yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat supaya dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur penanganan Covid-19,” lanjutnya.

Ia menyampaikan, masyarakat juga diminta untuk melindungi dirinya dengan protokol kesehatan 3M: menjaga jarak menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama 20 detik.
“3M merupakan cara paling murah dan aman melindungi diri, keluarga, dan orang-orang terdekat dari serangan virus corona,” sebutnya.

Update Corona di Aceh per 23 Desember

Selanjutnya, SAG melaporkan, jumlah akumulatif kasus Covid-19 di Aceh sudah mencapai 8.650 orang. Penderita yang dirawat saat ini 861 orang, sudah sembuh sebanyak 7.445 orang, dan 344 orang meninggal dunia.

Ia menjelaskan, penambahan 30 kasus baru Covid-19 di Aceh dalam 24 jam terakhir terdiri dari warga Kota Banda Aceh sebanyak 25 orang, warga Aceh Selatan dan Aceh Tamiang masing-masing dua orang. Satu orang lainnya yang juga terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan warga Kabupaten Gayo Lues.

Sementara penderita Covid-19 yang dilaporkan sudah sembuh sebanyak 10 orang, meliputi warga Kabupaten Aceh Singkil dan Aceh Tamiang sama-sama tiga orang. Warga Kabupaten Aceh Jaya sebanyak dua orang. Sedangkan dua orang lainnya masing-masing warga Kabupaten Pidie Jaya dan Kota Lhokseumawe.

“Dua orang dilaporkan meninggal dunia, masing-masing warga Kota Sabang dan warga Kabupaten Aceh Barat Daya,” ujar SAG.[]

https://acehkita.com/update-peta-zonasi-risiko-covid-19-di-aceh-7-zona-kuning-16-zona-oranye/

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU