Tuesday, April 30, 2024
spot_img

Irwandi Didesak Copot Kadis Pendidikan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf didesak untuk segera mencopot Mohd. Ilyas Wahab dari jabatannya sebagai Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Aceh karena yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi oleh polisi.

Desakan tersebut disampaikan Pjs Koordinator Gerakan Aceh Korupsi (Gerak) Aceh, Askhalani, dalam pernyataan tertulis yang diterima acehkita.com, Selasa siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ilyas dan tiga tersangka lain telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sertifikat mampu baca Al Quran untuk lulusan sekolah dasar yang merugikan negara sekitar Rp 96 juta. Keempat tersangka dijebloskan ke dalam sel di Mapoltabes Banda Aceh, sejak Senin malam.

“Pencopotan Kadis yang terindikasi korupsi merupakan bagian paling penting untuk mewujudkan perubahan fundamental sebagaimana visi dan misi pemerintahan Aceh, terutama dalam upaya pemberantasan korupsi,” kata Askhalani.

Ia juga memberi apresiasi kepada polisi yang membongkar indikasi korupsi di Dinas Pendidikan Aceh dan itu diharapkan bisa menjadi jalan masuk untuk membongkar dugaan korupsi yang lebih besar lagi karena “dari hasil monitoring terhadap kinerja Dinas Pendidikan Aceh, ada beberapa kasus besar yang berpotensi terjadi korupsi.”

Menurut catatan Gerak Aceh, kasus-kasus itu antara lain dugaan rekayasa tender pengadaan alat tulis kantor untuk kegiatan ujian akhir nasional tahun ajaran 2008, indikasi korupsi penetapan pemenang 30 paket proyek jasa konsultan perencanaan tahun 2009. Selanjutnya, dugaan korupsi pungli di dinas pendidikan Aceh yang sempat terekam (video) oleh tim TAKPA.

Kemudian, indikasi korupsi dalam pelaksanaan beberapa proyek fisik APBA tahun 2007 dan 2008 seperti ditemukan panitia khusus DPRA di beberapa daerah di Aceh. Dugaan korupsi dalam pengelolaan bantuan operasional sekolah hasil audit BPK-RI tahun 2007-2008.[]

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU