Thursday, April 18, 2024
spot_img

Geram Gugat Mendagri soal Ekosistem Leuser

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sembilan warga Aceh yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Aceh Menggugat (Geram) mendaftarkan gugatan terhadap sejumlah pejabat pusat dan daerah terkait Kawasan Ekosistem Leuser di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Mereka yang digugat adalah Menteri Dalam Negeri, Gubernur Aceh, dan Ketua DPR Aceh. Mereka meminta agar pengadilan membatalkan Qanun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Aceh dan peraturan gubernur yang membuka sebagian besar Kawasan Ekosistem Leuser untuk konsesi usaha budidaya.

“Gugatan warga negara adalah gugatan yang dilakukan bersama-sama oleh warga negara tersebut untuk memastikan negara melakukan tugasnya. Melalui gugatan warga negara ini, kita berharap pemerintah akan memasukkan kembali perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser ke dalam rencana tata ruang wilayah Aceh,” kata Farwiza Farhan salah seorang warga penggugat yang juga aktivis Yayasan HAKA.

“Satu bulan sejak gugatan didaftarkan, mediasi tampaknya mengalami jalan buntu. Tapi kami tidak akan berhenti. Jika mediasi ini gagal, kami siap melanjutkan proses gugatan melalui mekanisme persidangan. Kami akan terus berjuang hingga KEL masuk Qanun RTRW Aceh,” kata Abu Kari Aman Jarum dari Geram.

Sebelumnya, Geram juga menggalang dukungan dari netizen dengan mengajukan petisi online kepada Presiden Joko Widodo untuk menyelamatkan Kawasan Ekosistem Leuser. Hingga hari ini, dukungan mencapai lebih 54 ribu.

Kampanye terhadap penyelamatan Kawasan Ekosistem Leuser juga dilakukan pesohor Leonardo DiCaprio yang mengunjungi Leuser pada Maret lalu. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU