281 Anak Aceh Ikuti Seleksi Beasiswa ke Timur Tengah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sebanyak 281 peserta mengikuti seleksi beasiswa pendidikan jenjang strata satu di sejumlah perguruan tinggi di Timur Tengah di Auditorium Ali Hasjmy Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis (19/5/2016). Total keseluruhan peserta dari Indonesia yang mengikuti seleksi serentak berjumlah 4.883 orang.

Kepala Seksi Penjaminan Mutu Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Mizan Sya’roni menyebutkan, seleksi diadakan serentak di Indonesia. Mereka yang lulus seleksi ini akan memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Mesir, Maroko, dan Sudan.

“Tahun ini ada 4.883 orang yang mendaftar di seluruh Indonesia, sedangkan diterima hanya 55 orang yang akan dinyatakan lulus seleksi dengan komposisi antara lain, 20 orang dikirim ke Mesir, 20 ke Sudan dan 15 orang ke Maroko,” ujar Mizan Sya’roni.

Ia juga menjelaskan, tes atau seleksi calon mahasiswa penerima beasiswa di Timur Tengah seperti ini diselenggarakan setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk merekrut calon penerima beasiswa dari Kementerian Agama, dibawah Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam.

Mizan mengatakan, total dari peserta tersebut merupakan peserta yang mendaftar melalui panitia pada Sembilan Perguruan tinggi yang menjadi panitia pelaksana lokal, antara lain sebanyak 281 pendaftar dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 224 di UIN Raden Fatah Palembang, 167 di UIN Sumatera Utara, 374 di UIN Sultan Syarif Kasim Pekan Baru, 1745 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 682 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 597 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 328 di UIN Alauddin Makasar dan 85 orang di IAIN Antasari Banjarmasin.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal untuk UIN Ar-Raniry, Muhibbuthabry, mengatakan bahwa mayoritas peserta di Aceh terdiri dari alumni dayah atau pesantren yang ada di Aceh.

Adapun materi tes tertulis antara lain hafalan ayat-ayat Al-Quran, pengetahuan keislaman, pemahaman teks Arab, kemampuan berkomunikasi bahasa Arab, pengetahuan bidang Fiqh dan Hadits dan peserta juga diminta untuk mengarang dalam bahasa arab.

Sedangkan pengumuman kelulusan akan disampaikan melalui situs resmi direktorat perguruan tinggi Kementerian Agama RI pada 25 Mei 2016 mendatang. []

RISMAYANTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.