1.377 Lulusan UIN Ar-Raniry Ikuti Wisuda Secara Daring dan Luring

1.377 Lulusan UIN Ar-Raniry Ikuti Wisuda Secara Daring dan Luring
UIN Ar-Raniry menggelar wisuda secara daring dan luring untuk pertama kalinya di masa pandemi COVID-19. (Foto: Nat Riwat)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mewisuda sebanyak 1.377 orang lulusan pada Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Prosesi wisuda yang digelar secara daring dan luring di gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy berlangsung selama tiga hari, 23-24 November 2020.

Untuk pelaksanaan wisuda secara daring dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube Kampus UIN Ar-Raniry. Sementara untuk prosesi wisuda secara luring dilakukan dengan mengikuti ketentuan dan standar protokol kesehatan secara ketat yang dianjurkan pemerintah dengan tidak mengikutsertakan pendamping atau keluarga, para wisudawan wajib memakai masker dan pelindung wajah, mencuci tangan dan menjalani pengecekan suhu tubuh.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Warul Walidin di sela-sela proses wisuda mengatakan, bahwa pelaksanaan wisuda kali ini berbeda dengan wisuda sebelumnya karena kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Namun, kata Warul, walaupun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, prosesi wisuda berjalan dengan lancar dan penuh khidmat meski para orang tua masing-masing wisudawan tidak bisa mendampingi bagi yang memilih sistem luring (offline).

“Tempat duduk para wisudawan juga diberi jarak satu meter, selain itu untuk tahun ini yang hadir hanya para mahasiswa yang diwisuda tanpa didampingi orang tua maupun keluarga,” ujar Warul dalam keterangannya, Senin (23/11).

Dalam amanatnya, Rektor UIN Ar-Raniry juga mengingatkan para lulusan untuk terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki karena diera revolusi industri 4.0 sering kali membuat lembaga pendidikan akan berubah haluan.

“Dengan menjadi alumni bukan berarti masa belajar telah usai, masih banyak hal yang perlu dipelajari, tentunya harus menjadi strong leadership di masyarakat dan mampu menguasai bahasa asing,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan, dalam laporannya menyebutkan pada rapat senat terbuka wisuda doktor, magister, sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 berhasil meluluskan 1.722 lulusan yang terdiri dari 13 orang program doktor, 84 orang Magister Agama Islam dan 1625 orang program sarjana, namun yang mendaftar baik secara daring maupun luring sebanyak 1.377 orang.

Ia menjelaskan, prosesi wisuda kali ini dilakukan dengan dua model, yaitu secara daring (online) dan secara luring (offline). Adapun peserta yang mendaftar daring berjumlah 474 orang, sementara yang mendaftar untuk wisuda luring berjumlah 903 orang, sisanya belum mendaftar pada wisuda kali ini.

Selain itu, menurut Gunawan bahwa dengan bertambahnya 13 orang program doktor, 84 orang Magister Agama Islam dan 1623 orang lulusan program sarjana strata satu (S1) maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry sampai saat ini berjumlah 43.581 orang. Untuk lulusan yang meraih predikat Istimewa sebanyak 785 orang.

“Prosesi wisuda pada hari pertama telah berjalan lancar dan khidmat, bagi yang memilih secara offline, rektor menyerahkan ijazah langsung kepada wisudawan dan setelah prosesi penyerahan tersebut peserta langsung meninggalkan ruangan, sementara yang memilih online rektor hanya memperlihatkan ijazah masing-masing mereka yang dipanggil namanya, serta berkesempatan berinteraksi langsung bagi peserta zoom meeting yang terpilih oleh operator,” ujarnya. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.