Tuesday, April 30, 2024
spot_img

Perubahan Iklim Ancam Bumi

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Waspadalah terhadap pemanasan global dan perubahan iklim yang kian mengancam bumi. Caranya adalah menjaga lingkungan dari kerusakan.

“Bumi dalam ancaman perubahan iklim,” kata Bahagia Ishak, Ketua Forum Wacana Indonesia (FWI) Aceh, dalam rilis yang dikirim ke acehkita.com, Senin (16/11).

Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi, telah menyebabkan perubahan iklim, seperti naiknya suhu air laut, meningkatnya penguapan dan tekanan udara, serta berubahnya pola curah hujan.

Meningkatnya gas rumah kaca di atmosfir akibat aktivitas manusia di bumi juga telah mempengaruhi suhu permukaan bumi secara global (pemanasan). “Gas ini mampu menyerap radiasi matahari di atmosfir sehingga menyebabkan suhu di permukaan bumi menjadi hangat,” ujar Bahagia.

Di Aceh, kata dia, perubahan ini sudah mulai terjadi, setidakya terlihat dari pola cuaca yang cepat sekali berubah-ubah serta seringnya terjadi bencana alam, seperti banjir dan longsor.

Menurutnya, ini terjadi akibat kerusakan lingkungan yang sudah sangat meresahkan. “Hutan terus digunduli, sungai-sungai tak luput dicemari dengan pembuangan berbagai limbah cair. Semua itu terjadi akibat ulah manusia sendiri, yang senantiasa melakukan perusakan terhadap alam, atas nama pembangunan. Bila tak segera diredam, bisa timbul bencana alam lebih besar lagi,” tukasnya.

Mengingat perubahan iklim merupakan isu global, kata Bahagia, perlu keterlibatan semua pihak secara global pula untuk menanganinya. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU