Tuesday, April 30, 2024
spot_img

Kader Adiwiyata SMAN 1 Dewantara Tanam Pohon dan Bersihkan Pantai Bangka Jaya

DEWANTARA | ACEHKITA.COM – Ratusan pelajar yang tergabung dalam kader Adiwiyata SMA Negeri 1 Dewantara melakukan aksi bersih pantai dan tanam pohon dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Pantai Bangka Jaya, Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Minggu (30/8).

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap 10 Agustus. Aksi bersih pantai dilakukan dengan cara memungut sampah yang ada di pesisir pantai, kemudian dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon terdiri dari cemara laut, kelapa, waru dan ketapang kencana.

Aksi HKAN diikuti 400 peserta yang tergabung mulai dari TNI-Polri, Dewan Guru SMAN 1 Dewantara, kader Adiwiyata, Pramuka Dewantara, Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Binaan Koramil, Rapi Dewantara dan Duta Lingkungan Hidup Aceh Utara yang terlibat aktif dalam aksi bersih pantai dan tanam pohon.

Selain itu, turut hadir Kasi Peningkatan Kapasitas dan Penataan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara, Syamsul Rizal, Camat Dewantara Nawafil Mahyudha, Kapolsek Dewantara AKP Nurmansyah, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dewantara Mustafa, Ketua Rapi Dewantara Abdurrahman, Sekjen Panglima Laot Dewantara Agusri, Ketua Kwartir Ranting Pramuka Dewantara Zulkifli Ibfa dan Geuchik Bangka Jaya Anwar.

Camat Dewantara, Nawafil Mahyudha, mengapresiasi penggagas kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dengan aksi bersih pantai dan tanam pohon yang diinisiasikan oleh SMA Negeri 1 Dewantara, yang didukung oleh sejumlah intansi terkait dari Pramuka, Rapi dan TNI-Polri serta juga diisi oleh komunitas-komunitas nelayan.

“Kita juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan kita, apalagi menyangkut dengan kebersihan pantai. Seperti yang kita ketahui bersama, pantai ini juga salah satu objek yang luar biasa, jangan sampai nantinya dengan ada sampah yang berserakan, laut kita tercemar,” ujarnya.

“Kami Muspika Dewantara, siap mendukung penuh segala aktivitas pendukung, agar SMA Negeri 1 Dewantara bisa menjadi juara pada event sekolah konservasi lingkungan terbaik. Dan juga siap mendukung penuh upaya-upaya dalam hal memperhatikan lingkungan di Kecamatan Dewantara,” sambung Nawafil.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dewantara Mustafa menyampaikan bahwa kader Adiwiyata SMA Negeri 1 Dewantara melakukan aksi peduli dan cinta lingkungan dalam rangka memperingati HKAN, sekaligus ingin melakakukan edukasi kepada masyarakat soal pentingya kebersihan di lingkungan pantai, terutama di daerah Pantai Bangka Jaya.

“Kami juga sudah melakukan pembersihan di sepanjang pesisir pantai, sekaligus menanam 500 pohon, secara simbolis sudah kita tanam sekitar 100 batang, ini akan berlanjut terus, karena ini program Konservasi Alam Nasional yang akan dilakukan SMA Negeri 1 Dewantara,” sebutnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat dan nelayan setempat nantinya bisa menjaga kebersihan dan kerindangan Pantai Bangka Jaya. “Dengan aksi hari ini bisa menjadi edukasi kepada siswa-siswi terutama SMA N 1 Dewantara,” ujar Mustafa.[RIL]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU