Tuesday, April 30, 2024
spot_img

Pemerintah Tanggung Biaya Pengobatan Daffa

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh dr Fakhrul Jamal menyebutkan, biaya pengobatan Daffa Delfira akan ditanggung oleh pemerintah melalui jaminan kesehatan nasional.

“Semua biaya akan ditanggung oleh jaminan kesehatan nasional,” ujar dr Fakhrul kepada wartawan di RSUZA Banda Aceh, Rabu (30/4/2014) siang.

Chaideer Mahyuddin/ACEHKITA.COM
Chaideer Mahyuddin/ACEHKITA.COM

Menurut Fakhrul, pengobatan Daffa akan dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. “Itu kasus spesial gak mungkin dikerjakan di sini, karena gak cukup fasilitas dan tenaga, jadi harus dikirim ke Jakarta (RSCM –red.),” sebut Fakhrul Jamal.

Daffa Delfira menderita Atresia Bilier atau gangguan empedu. Kondisi ini menyebabkan Daffa harus menjalani cangkok hati yang membutuhkan biaya besar.

dr Fakhrul Jamal menyebutkan, sebelum menjalani operasi di RSCM, Daffa harus terlebih dahulu dirawat untuk peningkatan berat badan. Untuk umurnya yang sembilan bulan, berat badan ideal adalah tujuh sampai delapan kilogram. Saat ini, berat badan Daffa masih 4 kilogram.

“Sebelum kita kirim ke Jakarta, kondisi umumnya harus dikoreksi dulu. Kalaupun dikirim sekarang, masih belum bisa dioperasi,” ujar Fakhrul.

Penyakit yang diderita Daffa menimbulkan gelombang solidaritas di kalangan pengguna internet, mahasiswa, dan unsur pemerintah. Komunitas @iloveaceh tengah menggalang dana untuk pengobatan Daffa. Mahasiswa di Banda Aceh dan Lhokseumawe juga turun ke jalan untuk menggalang dana bagi Daffa.

Marlina Usman, istri Wakil Gubernur Aceh, ikut mengunjungi Daffa di ruang Seruni I kamar 3 RSUZA, Rabu siang. Marlina menyatakan, pemerintah akan membantu biaya pengobatan Daffa.

“Pemerintah akan membantu,” sebut Marlina kepada wartawan.

Dalam kunjungan tadi, Marlina menyerahkan bantuan sebesar Rp5 juta.

Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Murthalamuddin menyatakan, Pemerintah Aceh akan membantu biaya hidup keluarga selama masa perawatan Daffa, sedangkan biaya pengobatan ditanggung BPJS. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU