Wednesday, May 1, 2024
spot_img

Dosen di Banda Aceh Dibekali Ilmu Motivasi

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM-– Akademi Analis Kesehatan Banda Aceh, bekerjasama dengan Fast Spirit Internasional, menggelar workshop di Aula Pertemuan Akademi Analis Kesehatan Provinsi Aceh, Sabtu (26/10/2013). Kegiatan ini diikuti oleh 40 dosen dari Perguruan Tinggi dan Swasta di Banda Aceh.

Direktur Akademi Analis Kesehatan Provinsi Aceh, Safwan SKM, M. Kes, mengatakan, tenaga pendidik baik guru maupun dosen harus mempunyai jiwa, ketulusan, pengetahuan, strategi pembelajaran yang tepat untuk para siswanya serta ketrampilan-ketrampilan khusus dalam mensukseskan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena peran tenaga pengajar berada di garda terdepan dalam mencerdaskan bangsa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dalam pembelajaran yang menyenangkan. Dosen dapat memahami dan merubah mindset dengan adanya learning contract yang merupakan salah satu rahasia mengajar yang diberikan motivator,” kata Safwan.

Reorientasi dalam materi workshop tersebut, jelasnya, lebih menyenangkan mahasiswa dan saling menguntungkan kedua pihak. “Sehingga mahasiswa dan dosen tidak terbebani mengikuti proses pembelajaran,” ujarnya.

Motivator dan Public Speaker & Inspirator Metamorfosis, HD Iriyanto, mengatakan, motivasi dalam mengajar sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. Menurutnya, banyak orang pintar namun tidak bisa memberi motivasi kepada orang lain.

“Kurikulum 2013 akan terlaksana dengan baik jika ada motivasi dan spirit seorang pengajar. Misalnya pelajaran Tematik Integratatif yang memerlukan kreatifitas,” ujar Iriyanto, Peraih Yogyakarta Golden Award 2006 dari Pusat Prestasi Indonesia Jakarta sebagai Profesional berkontribusi pada pengembangan SDM ini.

Hal tersebut juga disetujui oleh Safwan, karena selama ini kampus Akademi Analis Kesehatan yang berlatarbelakang eksakta memiliki mindset belajar yang kaku sehingga membuat belajar terasa monoton.

“Penilaian terhadap mahasiswa tidak harus tergantung pada nilai saja yang harus dicapai. Spirit dan ketrampilan ini seharusnya dipadukan dengan pola verbal akan meningkatkan pembelajaran di kampus,” ujar Safwan.[]

Previous article
Next article
Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU