Monday, December 5, 2022
spot_img

Xperia P, Ponsel Android Premium Berbahan Aluminium

JAKARTA — Sony menambah jajaran smartphone Android ke Indonesia, kali ini adalah Xperia P, yang mulai dipasarkan Juni 2012. Ia menjadi smartphone kedua di bawah merek dagang Sony yang masuk ke Indonesia, setelah Xperia S yang mulai dipasarkan bulan April lalu.

Smartphone ini ditujukan untuk segmen premium. Itu berarti, Xperia P menjanjikan kemampuan yang premium pula. Seberapa hebatkah Xperia P, simak ulasan KompasTekno berikut ini.

Pembelian Xperia P seharga Rp 4.299.000, disertai dengan kabel data, charger, earphone, buku panduan, dan kartu garansi.

Ketika Xperia P datang ke meja redaksi KompasTekno, ada satu hal yang dirasa cukup mengganggu, yakni alat pengisi daya baterai atau charger. Selain ukurannya yang terbilang cukup besar di era mobile, charger Xperia P menggunakan steker standar Inggris (3 mata colokan berbentuk pipih). 

Jika Anda adalah orang dengan mobilitas tinggi dan selalu membawa charger ke mana-mana, berarti Anda harus selalu membawa konverter steker Inggris ke steker standar Indonesia (2 mata colokan berbentuk bulat).

Tahun 2012 ini, Sony merilis tiga smartphone Xperia yang tergabung dalam seri NXT. Ketiganya adalah Xperia S, Xperia P dan Xperia U. Apa bedanya seri NXT dengan smartphone keluarga Xperia lainnya?

Jawabannya ada di bagian bawah smartphone. Pada tiga smartphone seri NXT, membentang garis transparan yang disebut Sony sebagai desain ikonik seri NXT.

Dalam garis transparan itu terdapat ikon back, home dan menu. Ikon-ikon itu juga terlihat dari bagian belakang smartphone. Garis transparan itu akan menyala ketika layar dalam posisi aktif, sehingga memunculkan kesan elegan.

Meski Sony telah memajang logo mereka di bagian depan, namun logo Sony Ericsson yang tersohor itu masih ada di bagian belakang.

Layar 4 inci terasa nyaman, karena Anda dapat menavigasi hanya dengan satu tangan. Ibu jari orang dewasa dapat meraih seluruh bagian layar.

Berbeda dengan Xperia S yang menggunakan materi plastik untuk panel belakang, Xperia P menggunakan logam/aluminium yang bergestur sehingga tidak licin saat digenggam.

Ada satu hal lagi yang membedakan Xperia P dengan Xperia S dari sisi desain. Panel belakang Xperia P tidak bisa dibuka. Lalu, di mana letak slot SIM card dan slot memori eksternalnya? Xperia P menggunakan SIM card jenis Micro, yang terletak di sisi kiri smartphone. Sedangkan slot eksternal memorinya memang tidak disediakan, karena smartphone ini punya kapasitas memori internal cukup besar, 16GB.

Ada port jack audio 3,5mm di sisi atas Xperia P. Sisi kiri tersedia slot MicroSIM card, port MicroHDMI dan

Tombol fisik yang ada di Xperia P semua terpusat di sisi kanan. Ada tombol rana untuk mengambil foto, pengatur volume, dan power. Lubang speaker smartphone ini juga berada di sisi kanan.

Kamera

Bukan Xperia namanya jika tidak dibekali kamera yang berkualitas. Xperia P mampu menghasilkan foto yang terbilang baik berkat kamera 8MP dan sensor Exmor R. LED flash smartphone ini cukup terang, mampu mengakomodir kebutuhan cahaya ketika digunakan di ruang gelap.

Fitur kamera yang ditawarkan Xperia P cukup kaya. Anda dapat melakukan touch focus, panorama, 3D panorama, white balance, smile detection, exposure value, hingga mengatur ISO.

Fitur kamera (1) Sony Xperia P
 
Ketika foto-foto itu dilihat dari layar Xperia P, warna-warnanya sangat tajam dan mengagumkan. Sayangnya, ketika foto ditransfer ke komputer, maka warna foto itu tidak sebaik yang ditampilkan di layar smartphone. Warna-warna itu seakan turun.

Kamera Xperia P bisa diandalkan untuk memotret di siang hari. Namun untuk memotret pada malam hari di tempat terbuka, dan menggunakan bantuan LED flash, masih nampak noise pada foto.

Ketika smartphone dalam posisi stand by, Anda dapat mengambil foto hanya dengan menekan dan menahan tombol rana. Memang, waktu yang dibutuhkan Xperia P mengambil foto dari posisi stand by tidak secepat Xperia S yang hanya butuh waktu 1,5 detik. Xperia P butuh waktu kurang lebih 3 detik.

Saat fitur ini digunakan, KompasTekno mencatat bahwa kamera Xperia P belum menyesuaikan white balance dengan sempurna. Foto akan lebih sempurna jika tidak menggunakan fitur ini, karena kamera diberi ancang-ancang untuk menyesuaikan white balance.

Hasil rekaman video dari kamera belakang Xperia P mampu merekam video dengan kualitas HD 1080p. Kamera mampu meminimalisasi frame skip saat digunakan untuk merekam video dengan gerakan cepat. Sedangkan kamera depannya mampu merekam video dengan kualitas HD 720p.

Performa

Xperia P menggunakan prosesor dual core NovaThor U8500 1GHz. Ini sudah lebih dari cukup, karena dapat merespon navigasi secara gegas. Tidak terjadi lag saat Xperia P digunakan untuk memainkan game populer seperti Angry Birds Space dan Fruit Ninja.

Kualitas layar Xperia P tajam karena menggunakan Mobile Bravia Engine, sebuah teknologi yang juga digunakan di televisi Bravia dari Sony. Sony juga menyematkan teknologi WhiteMagic pada Xperia P, yang mampu menghadang silau pada layar saat smartphone digunakan di bawah terik matahari. KompasTekno membenarkan klaim tersebut, tidak ditemukan masalah ketika membaca teks di bawah terik matahari.

Kualitas audio yang dihasilkan dari loud speaker Xperia P cukup baik dan lantang, unsur bass-nya pun lumayan terasa.

Sony Xperia P menggunakan Android 2.3
 

Xperia P masih menggunakan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread). Sony menjanjikan Xperia P akan mendapat upgrade Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) pada akhir Juni 2012.

Daya tahan baterai

Ketika baterai terisi 100%, KompasTekno menguji daya tahannya dengan mengaktifkan layanan GMail, Facebook dan Twitter dan menggunakannya secara intens. Hasilnya, kapasitas baterai sebesar 1305mAH mampu bertahan selama 6,5 jam. 

Perlu diketahui, daya tahan baterai sangat bergantung pada sinyal operator seluler yang Anda gunakan. Jika sinyal tidak menjangkau lokasi Anda berada, maka baterai makin cepat habis.

Kesimpulan

Kelebihan
+ Desain elegan
+ Performa untuk aktivitas multimedia memuaskan
+ Kamera berkualitas, LED flash mampu mengakomodir kebutuhan cahaya
+ Layar cerah menggunakan Mobile Bravia Engine

Kekurangan
– Tidak ada slot memori eksternal
– Ukuran charger cukup besar dan menggunakan steker standar Inggris, membuat Anda harus membawa konektor ke mana-mana
– Baterai

Spesifikasi Sony Xperia P

– Prosesor NovaThor U8500 1GHz
– RAM 1GB
– Sistem operasi Android 2.3 Gingerbread (dapat upgrade Android 4.0)
– Memori internal 16GB
– Layar 4 inci beresolusi 540 x 960 pixel
– Kamera 8MP dengan LED flash, kamera depan VGA
– Baterai 1305mAh
– Konektivitas MicroSIM card GSM, jack audio 3,5mm, MicroHDMI, MicroUSD, 3G, HSPA, GPS, Wi-Fi, Bluetooth, NFC Support, DLNA
– Pilihan warna merah, silver, dan hitam
– Harga Rp 4.299.000 []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,645FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU