Warga Bersihkan Krueng Daroy

0
1718
Foto: Humas Banda Aceh

ACEHKITA.COM, BANDA ACEH – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin ikut bergotong-royong bersama warga membersihkan Krueng Daroy. Titik pembersihannya mulai dari Taman Putroe Phang hingga area sungai di belakang Gunongan, Sabtu pagi 29 September 2018.

Target utamanya sampah-sampah anorganik yang mengapung maupun yang telah mengendap di dasar sungai yang bersejarah tersebut. Taman Putroe Phang dan bantaran sungai di seputar lokasi pun tak luput dari upaya pembersihan.

Selain Cek Zainal -sapaan akrab wakil wali kota, turut hadir di sana Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Banda Aceh Bachtiar, sejumlah Kepala SKPK, Camat Baiturrahman M Rizal, dan para pejabat pemerintahan lainnya.

Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Banda Aceh Jalaluddin mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Habitat Dunia. “Gotong royong ini kita gelar selama dua hari. Puncak acara pada 1 Oktober 2018 kita peringati pada apel gabungan di balai kota,” katanya dalam rilis berita yang disampaikan Humas Pemko Banda Aceh.

Lokasinya sengaja dipilih di Krueng Daroy karena sungai ini sangat bersejarah bagi rakyat Aceh. Mimpi bersama mengembalikan keasrian sungai ini seperti masa kerajaan dulu. “Penataan sudah mulai kita lakukan di area ini, dan hari ini kita gerakkan masyarakat agar semakin peduli terhadap keberadaan sungai ini.”

Pihaknya, kata Jalal, tak sendiri dalam kegiatan bersih-bersih tersebut. “Selain jajaran SKPK Pemko Banda Aceh, juga ada pihak Satker di bawah Kemen PU, anggota Kodim 0101/BS dan Polresta Banda Aceh serta ratusan warga kota ikut berpartisipasi.”

“Kurang lebih tadi ada sekitar 1.500 peserta yang terlibat, dan alhamdulillah Krueng Daroy sudah terlihat semakin bersih, sampah-sampah yang ada di dasar sugai sudah kita angkat semua. Ke depan akan kita buat jadwal rutin untuk membersihkannya,” katanya seraya mengajak peran serta aktif warga kota untuk ikut menjaga kebersihan Krueng Daroy dengan tidak membuang sampah lagi ke dalamnya. []

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.