Wagub Pimpin Rapat Pimpinan Daerah Bahas Pilkada

0
971

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Wakil Gubernur Muhammad Nazar memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh yang membahas pemilihan kepala daerah di provinsi ini, Kamis (6/10). Rapat ini dihadiri utusan Asisten Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Politik Brigjen Sumardi.

Abdul Munar/ACEHKITA.COM
Selain dihadiri utusan Kementerian Polhukam, rapat yang berlangsung di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh juga dihadiri oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilu Pusat, para bupati/walikota se Aceh, kepala dinas dan badan, unsur kejaksaan, Komisi Independen Pemilihan Aceh, dan perwakilan TNI/Polri.

“Rapat ini untuk memantapkan koordinasi untuk menyamakan persepsi soal pelaksanaan pilkada damai, demokratis dan untuk mencari masukan dari kabupaten/kota,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setda Aceh Ali Alfata.

Para peserta rapat akan mendengar ekspos mengenai pilkada dari sejumlah unsur, di antaranya KIP Aceh.

Sejatinya, rapat ini akan dibuka oleh Gubernur Irwandi. Namun, pagi tadi Irwandi bertolak ke Jakarta untuk mengikuti rapat dengan Menteri Dalam Negeri sore nanti. Ketua DPRA, Ketua KIP Aceh juga mengikuti rapat yang membahas pilkada Aceh.

Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar berharap rapat koordinasi ini dapat menyerap masukan dari pimpinan daerah di tingkat dua.

“Kita harap, bupati dan walikota, walaupun sebagian kita akan terlibat sebagai kandidat, tapi atasnama jabatan tetap jadi pembina politik di daerah masing-masing. Peran pimpinan daerah untuk ikut mendinginkan suasana dan merasionalisasikan aturan hukum pada orang yang perlu kita sampaikan agar diterima dengan baik,” kata Wagub.

Saat ini, rapat tengah berlangsung. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.