Tuesday, October 26, 2021
spot_img

USK Press Terbitkan Buku Oase Pandemi Covid-19 Based on True Stories

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Syiah Kuala University (USK) Press menerbitkan buku berjudul ‘Oase Pandemi Covid-19 Based on True Stories’. Buku yang terdiri dari 4 jilid ini merupakan kumpulan tulisan peserta lomba menulis kisah inspiratif berdasarkan pengalaman menghadapi pandemi Covid-19.

Ketua USK Press, Taufik A. Gani mengatakan bahwa kehadiran buku Oase Pandemi Covid-19 Based on True Stories diharapkan dapat memberikan sumber pengetahuan terkait Covid-19.

“Oleh karena itulah judul yang dipilih adalah oase pandemi Covid-19. Makna oase adalah sebagai tempat yang dituju para musafir di daerah padang pasir karena di sana terdapat sumber air, sumber kehidupan,” ujar Taufik dalam keterangan tertulis, Minggu (24/1).

Ia menjelaskan, para penulis buku tersebut berasal dari berbagai latar belakang atau profesi seperti guru, dosen, dokter, apoteker, mahasiswa, dan masyarakat umum. Bahkan para penulis buku itu berada di lintas negara dan benua sehingga menjadikan isi buku tersebut semakin berwarna.

“Ada yang sedang studi di Australia, Turki dan Filipina. Kisahnya sangat menarik karena ditulis betul-betul berdasarkan pengalaman nyata yang dialami. Siapa saja layak membaca buku ini, dan tentu akan menikmati bagaimana hikmah di balik musibah wabah Covid-19,” sebutnya.

Buku yang dieditori oleh Rita Khathir dan Taufik A. Gani merupakan kumpulan tulisan 35 orang penulis yang karyanya terpilih untuk dibukukan dalam sebuah buku berjudul Oase Pandemi Covid-19 Based on True Stories.

Dalam pengantarnya, editor mengharapkan agar buku ini bermanfaat bagi masyarakat sebagai salah satu upaya mitigasi bencana Covid-19. Buku ini diharapkan dapat menjadikan satu upaya penyatuan kata dan tindakan dalam pemutusan rantai penyebaran Covid-19, di mana membutuhkan kesepahaman berbagai elemen seperti pemerintah, Ulama dan seluruh masyarakat.

Menurut Rita, ada banyak pelajaran yang dapat dipetik dari berbagai kisah nyata yang disajikan. “Ada perjuangan, ada keberanian, ada kesabaran, ada air mata dan cinta, dan sudah pastinya adanya ilmu pengetahuan tentang Covid-19,” sebutnya.

“Kami membagi cerita dalam 4 oase yaitu oase dunia kesehatan, oase dari luar negeri, oase dari dunia pendidikan dan oase dari kehidupan sosial kemasyarakatan. Buku ini sudah dijual secara online di ebooks.gramedia dan shopee. Dengan demikian siapa saja di seluruh pelosok negeri dapat memesan buku ini,” ujar Rita.

Rektor USK, Prof. Samsul Rizal, dalam sambutannya di buku ‘Oase Pandemi Covid-19 Based on True Stories’ menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada USK Press dan para penulis yang telah berpartisipasi.

“Sungguh sebuah buku merupakan karya yang sangat besar manfaatnya dan bersifat abadi untuk dikenang oleh generasi bangsa ini. Di tengah upaya kita meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan yaitu dengan cara membaca dan menulis, kehadiran buku ini menambahkan kekayaan literatur dan tentunya menjadi sumber bacaan yang bermutu dan penuh hikmah bagi masyarakat,” tulis Samsul.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,860FollowersFollow
22,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU