Twitter Bakal Ungkap Rahasia Sebuah Kata Bisa Jadi Trending Topic

0
131
Twitter Bakal Ungkap Rahasia Sebuah Kata Bisa Jadi Trending Topic
Twitter. (Foto: Unsplash)

Media sosial Twitter saat ini menjadi salah satu rujukan warganet untuk mengetahui sesuatu yang sedang viral. Namun, terkadang dalam daftar trending topic Twitter itu, turut membingungkan banyak orang, seperti pertanyaan kenapa sebuah topik bisa viral.

Untuk memudahkan pengguna, media sosial berlogo burung biru itu akan menjelaskan latar belakang sebuah topik menjadi tren di platform-nya dengan menyematkan salah satu cuitan atau tweet penjelasan mengapa hal tersebut ramai dibicarakan.

“Mengapa ini menjadi tren?” Pertanyaan itu sebenarnya ditwit lebih dari setengah juta kali selama setahun terakhir!,” kata Twitter dalam postingan blog resminya.

Beberapa topik yang sedang tren akan dilengkapi dengan satu twit yang disematkan untuk memberi lebih banyak informasi tentang topik yang sedang tren tersebut. Langkah itu dilakukan Twitter setelah melihat banyak pengguna yang mempertanyakan asal-usul topik bisa menjadi tren di Twitter.

“Untuk membantu dalam hal ini, kami menambahkan twit yang dipasangi pin dan deskripsi tentang tren untuk membantu menjelaskan mengapa sesuatu menjadi tren,” ungkap Twitter.

Twitter menggunakan kombinasi algoritma dan tim kurasi untuk menentukan apakah sebuah cuitan mewakili dan mencerminkan topik yang sedang tren.

“Algoritma kami dirancang untuk mengidentifikasi cuitan perwakilan yang tidak berpotensi menyinggung, spam, atau diposting oleh akun yang mencoba memanfaatkan sistem kami,” kata Twitter.

Penambahan twit yang disematkan pada topik yang sedang tren tersebut telah dirilis di aplikasi untuk iOS maupun Android, dan segera hadir di twitter.com. Twitter juga akan menambahkan deskripsi singkat pada sebuah topik yang sedang tren untuk membantu menambah konteks.

Selain menambahkan twit yang mewakili, dalam beberapa pekan mendatang, Twitter juga akan menambahkan deskripsi singkat pada sebuah topik yang sedang tren untuk membantu menambah konteks.

Deskripsi tentang tren tersebut akan dikembangkan oleh tim kurasi Twitter, dan dapat ditemukan di twitter.com dan aplikasi Twitter untuk iOS dan Android.

“Deskripsi tersebut akan memberikan konteks langsung dan bersumber jelas seputar mengapa sesuatu menjadi tren,” jelas Twitter.

Twit dan deskripsi tentang tren akan tersedia di Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Kolombia, Mesir, Prancis, India, Irlandia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Arab Saudi, Spanyol, Inggris Raya, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat. Untuk sementara belum tersedia untuk wilayah Indonesia, namun akan dikembangkan dalam waktu mendatang.

Untuk menentukan topik mana yang menjadi trending topic, Twitter menggunakan algoritma khusus, bukan hanya berdasarkan tweet yang paling banyak cuitan. Ada faktor lain seperti tweet tentang suatu hal yang di-posting secara bersamaan dalam satu waktu juga bisa menentukan.[]

kumparan

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.